Mohon tunggu...
Widi Purnomo
Widi Purnomo Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer

Hanya seorang pendaki pemula yang gemar menulis

Selanjutnya

Tutup

Financial

Ayoconnect dan NOBU Bank Sepakati Kerjasama Pengembangan Solusi Open Banking

11 Agustus 2022   15:10 Diperbarui: 11 Agustus 2022   15:29 257 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Andrian Meirawan Saputra IT Operation & Innovation NOBU Bank - Alexander Jatra CFO Ayoconnect. Dokpri

Pada hari ini, Platform API Open Finance terbesar di Asia Tenggara, Ayoconnect dan PT Bank Nationalnobu Tbk (Nobu Bank) sepakat melakukan kerja sama dalam pengembangan solusi berbasis open banking yang ditandai dengan penandatangan perjanjian kerja sama secara simbolis oleh Alexander Jatra, CFO Ayoconnect dan Andrian Meirawan Saputra, Direktur Nobu Bank.

Kerja sama strategis dalam pengembangan solusi berbasis teknologi open banking ini didasari oleh kesamaan visi kedua belah pihak yang ingin mengembangkan layanan keuangan secara luas melalui teknologi berbasis open API (Application Programming Interface) atau sering disebut open banking, sehingga layanan perbankan dapat dinikmati secara lebih inklusif.

Kerja sama ini terjalin sejalan dengan perkembangan era digitalisasi layanan perbankan yang menuntut kemampuan industri keuangan untuk senantiasa agile dan adaptif serta mampu membangun kolaborasi sinergis dengan berbagai pihak, baik lembaga keuangan maupun non keuangan.

Lebih lanjut, survey e-Conomy SEA juga turut menyampaikan pada tahun 2022, market digital economy Indonesia diprediksi akan meningkat dua kali lipat menjadi USD 146 miliar pada 2025. Potensi pasar yang terus meningkat di Indonesia menjadikan kerja sama antara Ayoconnect dan NOBU Bank terjadi di momentum yang tepat.

 

Andriawan Meirawan Saputra IT, Operation, Innovation Director NOBU Bank-Alexander Jatra Chief Financial Officer Ayoconnect. Dokpri
Andriawan Meirawan Saputra IT, Operation, Innovation Director NOBU Bank-Alexander Jatra Chief Financial Officer Ayoconnect. Dokpri

Direktur Nobu Bank, Andrian Saputra mengatakan, "Pengembangan kerja sama dengan mitra strategis melalui Open API terus kami lakukan secara selektif dan terukur. Kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan pengalaman transaksi berbagai layanan perbankan digital sesuai kebutuhan bisnis dan permintaan nasabah."

 Integrasi layanan open banking dengan konsep 'Bank as a Service (BaaS)' yang tengah dikembangkan Nobu Bank ini dengan jaringan Ayoconnect akan mampu memperluas jangkauan layanan tersebut kepada para pelaku usaha yang membutuhkan layanan perbankan yang terintegrasi dalam sistem yang dimilikinya, dengan kualitas layanan dan tingkat keamanan yang mumpuni. 

Misalnya untuk layanan BI-Fast atau direct debit, dengan menggunakan Ayoconnect, seluruh nasabah yang sudah memberikan persetujuan dapat menikmati kemudahan pembayaran berulang langsung dari berbagai layanan penyedia tagihan dan jasa dari rekening mereka.

 Andrian lebih lanjut menambahkan bahwa selama beberapa tahun terakhir, Nobu Bank telah aktif mengembangkan layanan perbankan berbasis digital guna memperluas akses masyarakat terhadap layanan perbankan yang mudah, aman dan andal. Transformasi digital ini bagi Nobu Bank adalah sebuah keniscayaan, untuk mampu sejajar dengan pelaku industri perbankan lainnya di era digital saat ini.

 "Kami berharap inovasi bersama Ayoconnect dapat berdampak pada pertumbuhan jumlah Nasabah dan mendorong masyarakat dan khususnya pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya dengan dukungan layanan digital dari Nobu Bank." tutup Andrian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan