Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pramuka Mengabdi Tanpa Batas

14 Agustus 2022   11:17 Diperbarui: 14 Agustus 2022   11:20 92 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Salam Pramuka (Dok Kustoro Why)

Pramuka mengabdi tanpa batas, begitu tema hari pramuka ke 61. Usia yang semakin mapan, jika masuk usia ini, cara dimanusia itu sudah kategori lansia. Namun kata semangat untuk mengabdi tidak mengenal usia, kapanpun dan dimanapun. 

Semua pelajar, dipastikan mengikuti kegiatan kepramukaan, termasuk ikut kemah. Hari ini hampir semua sekolah atau madrasah menyelenggarakan kemah baik tingkat kecamatan maupun desa/kelurahan. 

Pelajar yang mengikuti kegiatan pramuka, maka wajib menghafalkan Dasa darma pramuka, yang wajib dihafal, dipahami, dan dijadikan pedoman hidup. Isi Dasa Dharma berikut di antaranya: Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, Patriot yang sopan dan ksatria, Patuh dan suka bermusyawarah, Rela menolong dan tabah Rajin, terampil dan gembira, Hemat, cermat dan bersahaja, Disiplin, berani dan setia Bertanggung jawab dan dapat dipercaya, Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Dok Foto Kominfotik Brebes
Dok Foto Kominfotik Brebes

Sampai hari ini, walaupun saya tidak mengikuti lagi, namun dasa dharma masih teringat hingga sekarang ini. Kepanduan dipramuka ada banyak nilai terkandung positip, wajar saja jika kegiatan ini melekat dan menjadi ekstra kurikuler di sekolah atau madrasah. 

Hari ini ditetapkan sebagai hari jadi pramuka, membina generasi muda sejak dini akan lahir generasi yang tangguh dan ksatria. Bila mengikuti pramuka dengan melaksanakan dasa dharma maka akan semakin terpatri jiwa luhur. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan