Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat Pilihan

Berikan ASI, Wujud Kasih Sayang kepada Anak

1 Agustus 2022   15:24 Diperbarui: 1 Agustus 2022   15:44 135 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ASI Sedunia (doc suaramerdeka.com)

Hari ini adalah momentum penting bagi anak, karena hari ini ditetapkan sebagai Hari ASI Sedunia. Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi bayi, karena mereka akan dikenalkan sejak dini, yakni saat Inisiasi menyusu dini (IMD). 

Seorang ibu yang baru melahirkan harus dipastikan memberikan ASI terbaiknya melalui pemberian kolostrum yang berwarna kekuning-kuningan. 

Vaksin terbaik bagi bayi dengan diberikan kolostrum. ASI bentuk kasih sayang Ibu kepada bayi, semakin dihisap-hisap pasti asi akan keluar dan bayi semakin nyaman saat berada didada ibunya. 

ASI itu gizi terbaik, yang diberikan oleh Allah SWT kepada seorang Ibu, bentuk nikmat atas organ terbaiknya, maka berikan ASI terbaiknya kepada bayinya, itulah wujud syukur bagi seorang Ibu yang diberikan amanat dari pencipta alam seisinya ini. 

Menyusu dan menyusui pastinya beda, siapa yang aktif, disitu kata kunci perbedaanya. 

Semakin produktif ibu memberikan ASI kepada bayinya dari 0-6 bulan,full ASI maka anak semakin tumbuh kembangnya baik, dan tidak mudah sakit, termasuk banyak keunggulan yang didapat bagi seorang Ibu yang memberikan ASI terbaiknya kepada bayi, pertama secara ekonomi jelas tidak mahal, karena jika membeli kaleng susu, atau beli susu formula, maka berapa banyak uang yang dikeluarkan. 

Keuntungan memberikan ASI selain tidak basi, bisa dibawa kemana-mana, dan kandungan didalamnya multi kompleks selain ada lemak, protein, karbohidrat dan ragam gizi terbaiknya. 

Momentum Hari ASI Sedunia, berarti kita yang sudah punya keluarga atau seorang ibu yang mempunyai bayi untuk memberikan bentuk kasih sayang yakni ASI. 

Seorang ibu yang sudah memberikan ASI hingga usia 6 bulan, selanjutnya tetap harus diberikan lagi terutama diusia 6-24 bulan (2 tahun), ini artinya selama 2 tahun benar-benar memenuhi hak terbaiknya kepada anaknya. 

Pastikan cakupan ASI di tiap puskesmas itu bisa 100 persen, ini artinya semua Ibu yang melahirkan di daerah tersebut benar-benar telah melaksanakan kewajiban terbaiknya kepada anaknya, hak anak menjadi terpenuhi. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan