Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Prokes Covid-19 Harus Ditaati Semua Warga

20 September 2021   09:36 Diperbarui: 20 September 2021   09:39 40 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Prokes Covid-19 Harus Ditaati Semua Warga
Prokes ( doc Kemenag Kalteng)

Protokol Kesehatan ( Prokes ) pencegahan penyebaran covid-19 menjadi salah satu kunci keberhasilan penanganan corona

Cuci tangan pakai sabun, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas ternyata harus dipatuhi oleh warga jika ingin penyebaran covid tidak meluas. 

Tidak mudah membiasakan sesuatu hal yang baru kemudian ditaati apalagi dipatuhi, disiplin untuk mematuhi aturan prokes yang ada. 

Contoh, awal muncul covid-19 di Indonesia, lalu pembelajaran menggunakan daring (virtual), guru awalnya banyak yang protes, dengan pembelajaran daring, namun karena model pembelajaran daring harus dilaksanakan dengan baik, maka konsekuensinya guru dan wali murid (orangtua) siswa pun harus menyesuaikan kebijakan pembelajaran baru. 

Memakai masker dianggap aneh, namun seiring berjalannya waktu, sekarang di pasar modern sudah menyediakan masker, bahkan hampir semua apotik yang ada juga menjual masker, terlebih lagi muncul bantuan masker gratis yang disediakan oleh lembaga pendidikan, termasuk dilevel pabrik pun, para pekerja harus menggunakan masker saat bekerja.

Prokes ( dok Media Indonesia)
Prokes ( dok Media Indonesia)

Mencuci tangan pakai sabun, dari tinjauan kesehatan sangatlah penting, pasalnya semakin terlatih dan menjadi kebiasaan, maka pada saat mau makan, sebelum dan sesudahnya akan mencuci tangan pakai sabun, belum lagi kalau kita bepergian jauh dan pulang ke rumah maka saat kita pulang, harus segera mencuci tangan pakai sabun termasuk mengganti pakaian yang kita pakai, alasannya agar virus atau bakteri yang melekat di tubuh kita akan hilang.

    

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan