Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

An Nasr: Tafsir Al Quran Ayat 1-3

3 Mei 2021   16:40 Diperbarui: 3 Mei 2021   17:15 355 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
An Nasr: Tafsir Al Quran Ayat 1-3
An Nasr (Dokpri)

Kemenangan Pasukan Nabi di Mekah atas perjuangannya dengan dibantu oleh pasukan gajah akhirnya berbondong-bondong masuk Islam, dengan diturunkan surat An Nasr maka sudah usai risalah nabi, kemudian tinggal menunggu panggilan pulang ke alam kubur, dan memanggil Fatimah " kematianku sudah dekat"   lalu tepat hari senin, robiul awal Kanjeng Nabi telah dipanggil oleh Allah SWT. 

Nabi berdoa kepada Allah, jangan sampai umatku nantinya suatu saat jangan bantai membantai, ternyata di tolak dan ini dijawab oleh Allah lewat turun Alquran, ini sudah takdir yang diberikan Allah untuk umat nabi. Kenapa umat Islam tidak akur, karena membedakan antara yang ikhlas, dan tidak. 

Siapa yang akan mendapatkan hidayah maka itulah yang ikhlas. Mereka yang berbuat baik kepada manusia dan tidak memandang ras, harta, tahta ataupun diskriminasi. Makanya ayo kita belajar Ikhlas agar masuk dalam golongan tersebut. 

Siapa yang akan baca surat terakhir attaubat laqad jā`akum rasụlum min anfusikum ‘azīzun ‘alaihi mā ‘anittum ḥarīṣun ‘alaikum bil-mu`minīna ra`ụfur raḥīm ping 71 bisa untuk menurunkan panas, kemudian bila di baca 7 kali setiap bada sholat wajib maka bisa memperpanjang umur. (Dawuh KH. Subhan Makmun kepada jamaah Pengajian Kitab Tafsir Munir ). 

Pertolongan atas kemenangan perjuangan Nabi di Mekah adalah rahmat yang luar biasa, termasuk kemerdekaan atas negeri Indonesia juga masuk rahmat dari Allah SWT. Siapa yang hijroh karena perempuan ya dapatnya perempuan, siapa yang hijroh karena dunia ya dapatnya dunia, dan siapa yang hijroh karena untuk kepentingan akhirat maka akan dapat akhirat. Bahaya mana antara dunia dengan perempuan, kyai jawab  lebih bahaya perempuan. 

VIDEO PILIHAN