Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Pilih Sirop atau Air Putih Saat Ramadhan

30 April 2021   08:58 Diperbarui: 30 April 2021   09:03 308 7 2 Mohon Tunggu...

Stok sirop atau sirup, walaupun dalam PUebi yang benar Sirop, selama lebaran hingga jelang lebaran tersedia di beberapa toko modern bahkan di grosir sembako, maklum sirup yang dibeli bisa saja untuk bawaan ke sanak famili, atau bisa saja beli untuk konsumsi sendiri atau dijual kembali di warung kelontong. Semuanya sesuai pilihan. Pihak penjual akan menaikan stok minuman sirup jelang ramadhan hingga lebaran, laku tidak laku sudah di prediksi, maklum pelaku usaha mampu membaca bisnis peluang apa yang cocok pada bulan ramadhan dan produk apa saja hang laku keras.

Sirup ya bisa dibuat oleh sendiri tentunya dengan mengolah bahan baku menjadi bahan  minuman yang nantinya bisa bikin segar manakalah dikasih dengan es kristal atau saat didinginkan, ada juga yang membuat dengan olahan pabrikan, bahan baku yang ada diolah dengan teknologi yang cepat dan saat dijual ada masa kadaluarsa. 

Apakah Baik Sirup bagi Tubuh

Asal tidak berlebihan, sirup tidak menjadikan penyakit bagi tubuh kita, namun jika berlebihan pastinya akan berpengaruh pada fisik kita, sama halnya dengan kita mengkonsumsi minuman soda atau yang bisa memabukan, karena sumber penyakit yang dialami manusia berasal dari makanan dan minuman. 

Mengutip di alodokter.com disebutkan, Minuman dalam jumlah gula yang tinggi ini tidak baik bagi kesehatan karena berkontribusi terhadap perkembangan berbagai penyakit jangka panjang seperti masalah diabetes melitus, obesitas, masalah kolesterol. Sebaiknya Anda mengurangi konsumsi sirup tersebut dan diganti dengan minuman yang lain. Pilihlah minuman yang mengandung gula yang sedikit. Anda dapat mengecek kandungan gula dalam minuman di bagian informasi produk/kemasan. Teh tanpa gula/kopi hitam dan air putih adalah minuman yang baik untuk dikonsumsi. 

Ini artinya sangat berpeluang bagi kita jika rutin minum sirup maka akan berpengaruh pada fisik kita. 

Bagaimana dengan Air Minum Putih

Air minum putih sangat dibutuhkan, dengan catatan dimasak dulu biar bakteri yang ada hilang, termasuk sangat bagus bila tubuh kita selalu mengkonsumsi air putih yang sudah dimasak, maklum kebutuhan tubuh 60 persen adalah dari air putih, saat kita rutin minum air yang hgenis maka fisik semakin kuat, dan tidak mudah loyo ataupun mudah terpapar penyakit. 

Namun saat kita kekurangan air maka bisa dehidrasi apalagi jika fisik kita bekerja dengan penuh selama sehari, saat ramadhan kita harus cukup mengkonsumsi air minum, tapi saat lebaran kita terkadang tidak mengontrol fisik kita, awalnya saat puasa berat badan turun beberapa kilo, namun saat lebaran dan paska lebaran jadi bertambah. Fisik kita harus selalu dijaga, tidak boleh kurus kering, obesitas, apalagi kurang energi bisa kronis. 

VIDEO PILIHAN