Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Alat Ventilator Covid-19 di RS Sangat Dibutuhkan, Wajar Berebut, Stok Terbatas

27 Januari 2021   21:16 Diperbarui: 28 Januari 2021   07:07 55 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Alat Ventilator Covid-19 di RS Sangat Dibutuhkan, Wajar Berebut, Stok Terbatas
Ventilator (Dok mediaindonesia.com)

Ventilator merupakan alat bantu pernapasan yang vital dibutuhkan dalam penanganan pasien covid-19. Kebutuhan alat medis ini sangat tinggi sementara suplainya terbatas.

Tidak semua Rumah Sakit memiliki alat ventilator selain harganya mahal, juga stok terbatas dan hampir rata-rata pasien covid-19 yang kategori berat, kalau sat dibawah 93 dengan mnr 15 ltr artinya perlu HNFC  atau NIV di icu..tinggal yang ada rumah sakit mana, inilah kondisi yang sering terjadi di beberapa daerah. 

Wajar jika ada ruang ventilator pasien covid berat bisa tertangani dengan baik, namun kalau ventilator tidak ada sedangkan pasien covid punya riwayat bawaan misalkan paru atau misalkan DM, atau jantung maka penanganan medis semakin komprehensif.

Ruang Isolasi covid-19 juga ada yang mengambil kebijakan yakni ada yang menunggu pasien satu orang saja, dipilih yang muda, fisiknya bagus, dan harus stand by sejak masuk pasien sampai sembuh. 

Namun ada juga pasien covid positif yang diisolasi tidak didampingi oleh pihak keluarganya, semua diserahkan kepada perawat atau tim medis, inipun ternyata menyisakan permasalahan bagi keluarganya karena keluarganya juga ingin saat terjadi masalah pada pasien cepat tertangani.

Bayangkan, disaat pasien mau BAB atau BAK lalu pasien mau tengak tengok tidak terdengar kemudian disampingnya tidak ada siapa-siapa maka yang terjadi pikiran semakin stress dan bisa saja menimbulkan pikiran ke mana-mana tidak nyaman dan bikin fisik pasien semakin pusing bahkan menurunkan imunitas bagi pasien. 

Mereka jelas tidak berdaya saat disampingnya tidak ad yang menjaganya, maka menjadi evaluasi bagi pihak perawat, yakni solusi dengan memberikan dampingan satu keluarga untuk menjaganya walaupun untuk menaikkan imunitas dan nyamannya pasien, kalaupun terpapar covid-19 keluarga yang menunggu ini masih muda dan tingkat resiko untuk jatuh sakit berat tidaklah seberat mereka yang mempunyai penykit bawaan atau sudah lansia.

Semoga ruang ventilator bagi pasien covid ada di setiap RS seiring banyaknya penderita covid di masing-masing daerah dan bisa ditangani lebih berhasil ketika menggunakan alat ventilator canggih seperti pada gambar tersebut. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x