Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Posbindu Ada, Kesehatan Terjaga

23 September 2020   15:50 Diperbarui: 23 September 2020   15:52 15 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Posbindu Ada, Kesehatan Terjaga
Dok. pribadi

Pemerintah Desa Sitanggal Kecamatan Brebes Jawa Tengah melakukan kegiatan Posbindu. Tentunya kita harus tahu apa itu Posbindu, seberapa baguskan untuk masyarakat. 

Sasaran umurmu 15 tahun ke atas, bisa datang di Posbindu PTM. Mereka yang usia tersebut dan punya faktor resiko PTM terintegrasi (Penyakit jantung, diabetes, penyakit paru, asma,dan kanker) serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat. 

Ternyata Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

Kalau begitu Posbindu bagus lho untuk deteksi dini bagi mereka yang usia diatas 15 tahun, karena hipertensi di usia muda juga bisa terjadi lho, termasuk banyak teman-temanku masih muda juga kena gula darah, diabetes dan ada juga yang kena kanker.

Pastinya Posbindu yang memeriksa adalah tenaga kesehatan (Dokter, Perawat dan Bidan), tapi karena masih situasi pandemi corona sehingga pakai protokol kesehatan donk, dan semua pun harus berhati-hati dan selalu cegah covid-19. Mencegah itu lebih baik daripada mengobati, kalau sudah sakit, biayanya sangat mahal. Makanya sehat itu mahal sahabat. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x