Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Efek Pandemi, Korban Aki Mobil Pribadi

28 Mei 2020   18:24 Diperbarui: 28 Mei 2020   18:23 37 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Efek Pandemi, Korban Aki Mobil Pribadi
Dok Ilustrasi accu mobil. Sumber: suzuki.co.id

Gara-gara 3 hari tidak di panasin pada mesin mobilnya, saat di starter  tidak kuat, wah alamat korban AKI, akhirnya harus datang ke toko Jual Beli AKI, aki yang lama di tukar dengan AKI baru, AKI lama dihargai sebagai AKI bekas, karena saat beli AKI dari pabrik biasanya ampere nya kecil, sehingga dengan beli AKI baru akhirnya ditambah aja amperenya dengan tujuan agar nyaman dalam berkendaraan.

Umur AKI rata-rata adalah 3 tahun, baik aki basah atau aki kering, bagi merk yang sudah laku keras seperti GS misalnya maka harga juga sedikit mahal, dan tidak ada garansi tahunan, jadi kalau beli lalu rusak, ya alamatnya harus beli baru lagi, kata penjual AKI ya untung-untungan, dan ini bukan hanya mobil, di motor pun relatif sama.

Saat motor mio lama, dan jarang dipakai, maka starter di motor juga mengalami kendala, biasanya pada AKI dan mesinnya, ya gimana lagi, kalau semua kendaraan kondisinya bagus, kasihan nanti penjual onderdil atau sparepart kendaraan, termasuk pabrik yang memproduksi, mereka juga sudah memperhitungkan masa penyusutan dan nilai barang baru setelah dijalankan. 

Bukan hanya AKI sahabat, saat mobil kehujanan maka penyakit di kaca adalah jamur, pastinya jika tidak segera di cuci kacanya maka alamat jamur akan menempel dan lama-lama jamurnya akan sulit untuk dibersihkan dengan air saja, harus ada cairan buang jamur biar jamurnya hilang. Alamat lain ya ganti kaca film di kaca mobil tersebut, sehingga kelihatan baru lagi. 

Kalau mobil anda hidup diperkampungan, dan diparkir disembarang, ya alamatnya tergores, atau ada anak sedang bermain terus pegang mobil lalu menggoreskan bodi mobil, seolah-olah anak itu tidak merasa salah dengan menggoreskan bodi mobil, cat kaca jadi ada goresan, termasuk kalau ada ayam kampung dan kucing bisa saja kaki hewan tersebut bisa menggoreskan body mobil, alamat mengeluarkan uang dari dompet untuk kdatang ke ketok magic agar dipoles body mobil dan catnya. 

Bersihkan kotoran yang ada dimobil, kalau punya anak, pastinya saat makan dimobil akan ada sisa-sisa makanan yang jatuh, alamatnya adalah semut merah atau geni,  mereka datang dengan tiba-tiba dan tanpa ijin, maklumada ga ya ada semut, termasuk saat rumah anda banyak tikus juga harus ekstra hati-hati karena kabel yang ada dimobil juga berpotensi di cokoti atau digrogoti akhirnya ada yang konslet pada mobil anda. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x