Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana Pilihan

Cinta Dunia Itu Bibit Segala Macam Sifat Jelek

20 Mei 2020   17:03 Diperbarui: 20 Mei 2020   17:01 31 3 0 Mohon Tunggu...

Ketahuilah sesungguhnya tiga sifat penyakit hati seperti hasud, riya, Ghibah itu adalah bibit kebusukan hati, dan bibit itu timbul dari satu sumber yaitu cinta dunia,  oleh sebab itu nabi saw bersabda " Cinta dunia itu bibit segala macam sifat jelek".

Bersamaan dengan cinta dunia bibit kejelekan maka dunia juga ladang akherat, barang siapa mengambil dunia dengan kadar darurat saja yaitu agar bisa menolong untuk ke akherat maka dunia itu ladang akherat. 

Dan barang siapa menginginkan dunia agar bisa melakukan berbagai kenikmatan maka dunia akan merusaknya, maka ini adalah sedikit cuplikan dari dzohirnya ilmu taqwa yaitu bidayatul hidayah (permulaan mendapat hidayah).

Jika ingin memperdalam maka bacalah kitab Ihya Ulumiddin agar bisa mengetahui tata cara bertaqwa dan bisa sampai ke dalamnya taqwa, jika mencari ilmu dari banyak omongan dan obrolan, pertengkaran dan perdebatan maka alangkah besarnya musibah itu, dan alangkah lamanya rasa cape itu, dan alangkah besar kerugian itu, maka sesungguhnya dunia yang kita cari dengan agama itu tidak akan selamat, dan akherat akan keluar dari kita.

Dan barang siapa mencari dunia dengan agama maka akan rugi semuanya, barang siapa meninggalkan dunia untuk menuju akherat maka akan untung semuanya, jika kita menghidupkan batin hati kita dengan taqwa maka akan dihilangkan penghalang antara kita dan Allah, dan akan terbuka cahaya-cahaya kema'rifatan dan akan terpancar dari hati kita sumber-sumber ilmu, dan akan tampak rahasia-rahasia Allah yang menjadi raja, dan akan mudah mendapatkan ilmu Ladunni dari Allah.

Demikian akhir Pengajian kitab Bidayatul Hidayah di bulan ramadhan dibacakan oleh KH. Subhan Makmun  selaku Pengasuh Ponpes Assalafiyah Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes pada halaman 85. Semoga ada manfaat apa yang sudah disampaikan, Amin.

Dokpri
Dokpri

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x