Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

KBC-Reward Itu Penting

30 Maret 2020   11:24 Diperbarui: 30 Maret 2020   11:25 39 6 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KBC-Reward Itu Penting
Dok Kombes Brebes

4 orang anggota Kompasianer Brebes Community mendapatkan KBC-Reward, dalam bentuk TRF Pulsa ke nomor nama-namq yang sudah dinilai produktif, terbanyak Artikel Utamanya, 3 laki-laki dan 1 perempuan. Jangan melihat nilai yang diterima, namun anggaplah ini adalah pemicu semangat, bahwa nanti di bulan selanjutnya yakni April 2020 akan diberikan.

Admin kombes bisa berani mencari trik dan tips untuk membuat para anggotanya bisa produktif, salah satunya adalah memberikan umpan balik dengan mencatat laporan artikel secara harian, saat akhir bulan akan direkap berapa total sebulan yang pernah ditayangkan. 

Selain menilai pada jumlah banyaknya artikel yang ditayangkan, admin juga mempertimbangkan kontinuitas dalam menulis, contohnya tak pernah absen selama sebulan, sehari bisa konsisten dalam menulis, tanpa ada nihil sama sekali, pertimbangan lainnya adalah kategori tulisan yang seringnya artikel utama dalam sebulan. 

Admin kombes lihatnya bukan pada viewer, tapi lebih senang melihatnya pada kemauan yang keras dan kontinuitas dalam menulis, bahkan ada yang berani dengan tantangan untuk menulis target selama sebulan dengan menulis target maksimal, misalnya vera shinta bisa menulis satu hari 10 artikel, ada lagi masrukhi harun juga pernah sehari 11 artikel, sesuatu hal yang jarang ditempuh oleh seorang kompasianer. 

Bagi contreng biru, tidak menulis di kompasiana sehari saja sebenarnya sedikit malu, karena admin dalam menentukan contreng biru mestinya mengambil keputusan yang sudah masak-masak, perasaanku jika sehari tidak menulis 1 artikel di kompasoana, merasakan bersalah, padahal dari admin tidak diingatkan. 

Sebagai kompasianer contreng biru, bagiku adalah memperlebar informasi kompasiana dengan menarik para remaja baik putra dan putri untuk mau peduli dengan daerahnya melalui tulisan, ikatlah ilmu kamu dengan menulis, semakin sering menulis, maka semakin bertambahlah ilmu kita karena kita bisa membacanya, menerjemahkan dan mampu untuk menganalisa kondisi daerah kita sendiri dan bisa update perkembangan yang terjadi terkini di kampung halaman kita. 

pengkaderan kompiana tanpa melihat waktu, kalau ada warga yang ingin bergabung di kompasiana, kita sudah membuat komunitas dan didalammya ada admin, ada group khusus mentoring pendampingan, dan group khusus mengirimkan laporan harian atas tulisan yang kita publish.

Bahkan admin kombes pun memberanikan diri untuk membuat ID anggota, namun jika anggota tersebut tidak menulis satu artikel sebulan maka sangsinya ID KBC akan hangus dan langsung dipindahkan ke group lain yang tentunya sangat sepi dengan informasi. namun saat mereka mau menulis lagi maka bisa di rekom mendapatkan KBC baru dengan nomor urut menyesuaikan no terakhir keanggotaan.

Semua ini dilakukan untuk memacu dan saling berinteraksi bersama, memacu andrenalin, dan mencari bibit unggul dalam penulisan, tentunya akan menjadi kebanggan sendiri jika tiap bulan dapat KBC-Reward apalagi nanti jika ada sponsor dari pihak ke tiga yang bekerjasama dengan komunitas ini. 

VIDEO PILIHAN