Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Service Rutin Motor Anda, Rusak Pun Tertangani Segera

16 Maret 2020   10:58 Diperbarui: 16 Maret 2020   11:10 172 0 0 Mohon Tunggu...

Semua bengkel AHAS itu mempunyai protap atau panduan pemeriksaan service advisor. Dimana motor yang masuk akan ditanya dulu keluhan atas kendaraan yang ada. Kemudian dicatat oleh bagian administrasi, dikasihkan ke mekanik, lalu oleh mekanik akan diperiksa sesuai dengan panduan service advisor. 

Service jni meliputi check kondisi lampu depan, cek kondisi rem pada cakram, cek ketinggoan level air pada radiator, cek kondisi lampu,rem, dan lampu sen, termasuk ada check ketebalan ban luar, cek fungsi klakson, cek suara mesin kendaraan, dan cek kondisi rantai roda. 

Dokpri
Dokpri
Untuk spart part mesin kalau ada yang rusak akan disampaikan, penggantian spart part tergantung pemilik motor, apakah mau diganti atau tidak dibagi. Namun bagi kendaraan baru, biasanya tidak banyak kendala yang terlihat, paling ganti oli dan service rutin saja sudah cukup. Tapi kalau pemilik kendaraan kemudian tidak telaten dalam merawat kendaraan maka akan semakin cepat rusaknya. 

Kendaraan yang sudah hampir satu tahun kalau dipakai untuk usaha seperti gojek, ojek malam ataupun dipakai sebagai rutinitas harian dan jarak tempuh yang lumayan jauh, maka dipastikan ban cepat aus, rem cepat ganti, lampu depan dan riting juga sering ganti, termasuk busi. 

Namun kalau penggunaan hanya sewaktu-waktu tidak rutinitas efek kerusakan malah pada Aki, karena sepeda motornya jarang dinyalakan, sehingga saat starter terkendala alias macet. Sehingga AKI harus diganti. Namun kalau anda rutin periksa kendaraan pada bengkel resmi, apalagi langganan di bengkel tersebut, maka jaminan awet kendaraan akan semakin terjaga. 

Bagi anda yang punya kendaraan bermotor, saran penulis adalah jangan ganti-ganti service kendaraan, pilihlah bengkel Resmi, karena standar servicenya dilakukan sesuai dengan pedoman service pabrikasi. Mekanik ini dilatih khusus agar kualitas dan ketrampilan serta ketepatan untuk melakukan tindakan sesuai dengan ilmu yang dipelajarinya. 

Sudahkah motor anda ganti oli, service mesin dan ganti sparepart yang sudah tidak layak atau sudah tidak rekomended maka gantilah, karena kenyamanan berkendaraan sangat penting apalagi nyawa sebagai taruhannya.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN