Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Rawatlah Mobil Anda dengan Sepenuh Hati

11 Februari 2020   12:50 Diperbarui: 11 Februari 2020   12:49 48 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rawatlah Mobil Anda dengan Sepenuh Hati
Service mobil (dokrpi)

Saat kita bepergian atau mengendarai kendaraan roda dua atau empat dalam kondisi baik, bahan bakar penuh, oli mobil kondisi masih bagus, suara kendaraan masih baik, dan kondisi sparepart di dalam kendaraan kita benar-benar dicheck, pasalnya rasa aman dan nyaman, bagian dari keselamatan berkendaraan oleh karena itu, rawatlah mobil atau motor anda dengan hati.

Bayangkan saja, kendaraan anda kotor, karena kena hujan atau banyak lumpur menempel, terus tidak dicuci, maka kesan orang terhadap pemilik motor atau driver motor jorok, terkadang kaca mobil juga kena jamur, maka perlu dibuang tuh jamur agar jangan menempel dikendaraan anda, jika tidak dibersihkan maka akan menggangu anda dalam perjalanan. 

Selain itu, ketelitian dalam rawatan mobil sangat penting, saat sudah waktunya ganti oli karena kilometer sudah 5.000 km, maka anda harus segera mengontrolnya, lupa dengan oli yang harus diganti akan menimbulkan ketidaknyamanan berkendaraan. 

Belum lagi kalau 4 ban motor anda sudah tidak layak jalan karena kualitas ban motor sudah halus, bayangkan jika pergi ke luar kota dengan ban halus, maka supir merasakan was-was, jangan-jangan saat lari kencang lalu ban jebluk atau kena paku, sudah harus mengganti ban, juga bikin jantung berdebar-debar. 

Lampu mobil harus dikontrol, karena sangat penting, saat malam hari kita akan menempuh jalur gelap, sedangkan suasana di jalan kondiai sedang hujan lebat, lampu mobil kita tidak bisa menembus kegelapan karena faktor cahaya mobil yang kurang maksimal, bikin was-was lagi jangan-jangan di depan ada orang naik motor atau sepeda onthel, kita tidak tahu kalau itu ada orang yang sedang naik sepeda, harusnya segera diganti, ternyata kita malah menabrak orang tersebut, harusnya bisa menghemat pengeluaran bisa jadi boroa di keuangan keluarga karena harus membayar ganti rugi. 

Saat mobil sokbeker sudah tidak layak atau mati, maka akan diletahui dari kenyamanan kita sebagai driver, penumpang di belakang akan protes, wah ini naik mobil atau naik becak, harusnya di mobil bisa tidur, ini malah perutnya sakit gara-gara per mobilnya mati. 

Sayangi dan rawatlah mobil anda dengan sepenuh hati, saat anda merasakan sedikit janggal ada perjalanan anda, baik stir mobil berarti anda harus ke jasa service  balancing sporing, agar di check kualitas keseimvangan mobil anda, termasuk saat anda pakai motor pun harus di check ke tukang stel pelk kendaraan anda, semakin nyaman dalam berkendaraan, maka semakin aman dalam keselamatan kendaraan anda. 

Sesuatu yang bikin aman dan nyaman mesti harus keluar dana, rogoh kocek dompet nada, jangan pelit merawat mobil atau motor anda, resiko di jalan raya itu pada nyawa anda, semakin anda ceroboh maka akan semakin bermasalah di perjalanan anda. 

Ayo service motor dan mobil anda, yang tahu kapan jadwal servis tentunya yang rutin mengendarai kendaraan anda. Cules dan males akan menjadikan anda semakin bermaslaah.

VIDEO PILIHAN