Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Jawa Tengah

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Tepat Waktu dan Disiplin di Dunia Transportasi

12 Januari 2020   13:47 Diperbarui: 12 Januari 2020   13:47 62 1 0 Mohon Tunggu...
Tepat Waktu dan Disiplin di Dunia Transportasi
Stasiun Poncol Semarang (Dokpri)

Tertib datang, tertib berangkat, itulah kesan sekarang mayoritas penumpang mode train. Terlambat saja, kereta sudah berangkat, dan itu bukan kesalahan pihak penyedia jasa dalam hal ini adalah PT. Kereta Api. Diminta penumpang untuk datang 30 menit sebelum pemberangkatan. 

Kesan tepat waktu dan disiplin jadwal pemberangkatan menjadi standar prosedur bagi perusahaan ini, sehingga kesan sekarang masyarakat terhadap PT KAI semakin berangsur-angsur meningkat, dampak ikutannya adalah PT. KAI sebagai salah satu perusahaan BUMN Indonesia menjadi untung dan branding transportasi mode ini semakin dilirik bahkan sudah menjadi jargon bagi mereka kalau naik kereta api sekarang nyaman, aman, dan fasilitas sesuai dengan standar yang diberikan. 

Contoh hari ini, penulis melakukan perjalanan semarang ke Tegal dengan mode transportasi pilihan Kereta Api, tiket kereta bisa dipesan lewat aplikasi tiket kereta api, atau bisa lewat jasa penjualan tiket bahkan di indomart atau alfamart tersedia pemesanan tiket semua jurusan. 

Bagi anda yang pesan tiket harus menuliskan nomor E-KTP anda, silahkan tulis nomor E-KTP anda ke petugas tiket di toko modern tersebut, namun bagi anda yang sudah install aplikasi silahkan masukan saja di aplikasi tiket PT. KAI lalu bayar sesuai dengan mode pembayaran yang dipilih. Mau transfer, bayar di jasa penjualan tiket atau mau beli langsung di stasiun kereta api terdekat. 

Ingat tujuan perjalanan anda harus di tulis atau sebutkan ke petugas lalu kapan mau ambil waktu perjalanan, jika lengkap isiannya maka anda akan mendapatkan kode booking tentunya harus dilunasi terlebih dahulu. Lewat kode booking itulah anda bisa memasukan kode tersebut di counter check in mesin cetak, tersedia di stasiun, dan masukan kode booking yang ada, maka akan tercetak tiket anda. 

Ingat jika belum waktunya masuk ke petugas pengecekan data maka anda tidak bisa masuk, tapi jangan kuatir, sekarang dilokasi stasiun sudah tersedia ruangan ber AC, kursi tunggu, ada saluran listrik gratis, ada toko swalayan, ada penjual minuman dan makanan yang tentunya tinggal pilih sesuai selera anda. Bahkan fasilitas toilet dan musholla tersedia di semua stasiun. 

Saat jadwal anda sudah boleh masuk, biasanya 2 jam sebelum berangkat boleh masuk ke ruang tunggu, dan silahkan tunjukkan tiket dan E-KTP anda saat mau masuk, ini artinya PT KAI memastikan kebenaran data penumpang yang ada. Jika sesuai maka silahkan masuk dan tunggu kereta api sudah stand by. 

Petugas akan menunjukkan ke mana gerbong yang sesuai tiket tersebut, jangan takut bertanya, karena kalau malu bertanya nanti keliru gerbong dan keliru kursi yang diduduki, bagi mereka yang masih pemula naik kereta maka alangkah baiknya tunjukkan tiket dan tanya langsung gerbong yang ada. 

Pintu Masuk Stasiun Poncol Bagi Penumpang (Dokpri)
Pintu Masuk Stasiun Poncol Bagi Penumpang (Dokpri)
Tidak ada penumpang yang tidak dapat kursi, itulah layanan terbaiknya PT. KAI dan semua kelas ber AC semua. Ini dimaknai bahwa penyedia jasa ini benar-benar memberikan layanan terbaiknya, disaat mau berangkat, pihak masinis atau petugas yang ada akan mengenalkan siapa nama masinis, nama kereta yang anda pilih, jurusan kereta api bahkan disaat kereta api berhenti maka sebelum berhenti, pihak masinis akan menginformasikan stasiun yang akan berhenti.

Sepanjang tidak ada halangan di dalam perjalanan kereta api maka tepat waktu dan disiplin petugas dalam menjalankan aturan akan dilakukan. Perubahan sikap dan karakter berimbas ke semua lini, model seperti ini memang harus diterapkan di semua layanan pemerintah atau BUMN dan BUMD sehingga kesan pengelolaan sangat baik dan profesional. 

Bagaimana dengan Mode Transport Bus 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x