Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Jawa Tengah

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Media

Romliweb Bantu Perbaiki Website Desa

12 Januari 2019   11:45 Diperbarui: 12 Januari 2019   11:54 0 1 0 Mohon Tunggu...
Romliweb Bantu Perbaiki Website Desa
Doc Pribadi

Sahabat kompasiana yang baik, 

Bila anda berselancar di website desa, tentunya akan muncul website desa yang terlihat dinamis, update dan juga ada yang statis (tidak berubah) template websitenya, mereka punya domain resmi, namun isinya tidak berubah bahkan cenderung berhenti tanpa ada solusi dalam memecahkan media informasi desanya. 

Padahal Pemerintah Pusat sudah mengeluarkan dana milyaran kepada desa melalui dana desa. Kenapa desa enggan untuk melakukan perbaikan tampilan atau konten isinya. 

Ada beberapa alasan kenapa pihak Pemerintah Desa tidak mau merubah template atau design informasi web desanya. yakni tidak ada yang mampu untuk mencoba belajar secara otoditak, atau belajar di praktisi website agar tampilan website desanya bisa menarik dan isinya komplit baik dalam menampilkan data, infografis maupun layanan publik. 

Alasan kedua, desa punya dana, tapi tidak tahu dengan siapa harus bermitra dalam perbaikan desanya, dan tidak tahu harus bayar berapa untuk merubah template website desanya. 

Ketiga adalah, ada operator Sistem informasi Desa (SID) namun tidak mampu untuk belajar dunia jurnalistik atau belajar menganalisa deskripsi data yang diolah, sehingga dibiarkan saja tampilan yang ada dan Keempat sangat jarang ada kontributor website di desa yang dilatih, sehingga tugas meliput dan mengupload dibebankan kepada operator SID, sedangkan dana untuk peliputan dan mengupload sangat terbatas. 

Solusi Romliweb

Romliweb hadir untuk memperbaiki template desa secara dinamis, dan sangat kompatibel dengan android dan tablet, sehingga saat di pembaca dan mereka yang ingin membuka website tersebut bisa diakses lewat fasilitas handphone android. 

Komunitas romliweb ini hadir dari para praktisi yang ahli dibidangnya, baik pada analisa data, design template berbasis wordpress dan blogger, master website, master design grafis, dan master marketing strategi. 

Mereka berkumpul untuk membantu memecahkan website desa atau website organisasi yang stagnan, baik karena template kurang cocok, maupun pengaturan design yang belum kompatibel dengan PC/Laptop dengan android/tablet. Romliweb bukan hanya memperbaiki template saja, tapi membantu mendeskripsikan menu yang tepat agar isinya cocok dengan data yang ada. 

Karya yang sudah dibuat oleh romliweb.com adalah songgomlor.desabrebe.id, luwungragi.desa.id, parereja.desabrebes.id, dan desa lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu. 

Pihak Desa merasa terbantu dengan hadirnya komunitas web ini untuk memperbaiki template desa. Ke depan romliweb sudah berencana untuk melakukan perbaikan tempate ke desa di seluruh Indonesia dengan catatan desa tersebut order pemesanan perbaikan website desanya. 

Romliweb bisa diakses di romliweb.com disitu anda bisa melihat desa yang sudah diperbaiki templatenya, dan didalamnya juga menguasai penulisan dengan pola jurnalistik, komunitas romliweb ini berpengalaman dalam penulisan naskah liputan sesuai kaidah jurnalistik. 

Sehingga diharapkan ke depan desa mampu untuk menulis narasi liputan berstandar jurnalistik, sisi yang lain juga tim komunitas ini bisa diajak konsultasi via online dengan baik dan bisa janjian untuk berkomunikasi bila terjadi permasalahan atas website yang ada. 

Semoga romliweb ini bisa mendukung transparansi desa melalui publikasi website desa. Bangun Desa berarti membangun Indonesia.