bahrul ulum
bahrul ulum Kompasianer Brebes

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Ada 3.910 Faskes Disiapkan Untuk Kenyamanan Pemudik 2018

11 Juni 2018   10:20 Diperbarui: 11 Juni 2018   10:35 490 0 0
Ada 3.910 Faskes Disiapkan Untuk Kenyamanan Pemudik 2018
Pemantauan Kesiapan Arus Mudik/Doc Diskominfotik

Kesiapsiagaan layanan kesehayan bagi pemudik di tahun ini, Kemenkes RI mensiagakan 3.910 fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) di sepanjang jalur mudik. Dari jumlah tersebut, sebanyak 923 Pos Kesehatan, 2.231 Puskesmas, 375 rumah sakit, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan 174 Public Safety Center (PSC) 119. Bahkan di setiap kabupaten/kota telah menyiapkan ambulans roda empat dan roda dua. Pos kesehatan yang disiagakan di sana beroperasi 24 jam. 

Untuk pos kesehatan tahun ini berbeda dengan tahun yang lalu, Tempatnya harus lebih sejuk, lebih bersih dan dekat dengan toilet. Bahkan Kemenkes telah membuat standar pos pelayanan kesehatan yang akan dijadikan acuan bagi siapa saja yang hendak mendirikan pos kesehatan.

Salah satu standar layanan di pos kesehatan salah satunya untuk memperhatukan ketersediaan layanan, petugas kesehatan, peralatan kesehatan, obat-obatan, bahan habis pakai, serta dipastikan berjalannya sistem rujukan yang baik sehingga pos kesehatan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Disamping itu pos yankes ini standby 24 jam tidak ada hari libur, semua terjadwal dan petugas baik medis maupun paramedia harus siap siaga. 

Wajar jika pihak Kementrian Kesehatan beserta beberapa kementrian yang lain memonitor persiapan dan upaya yang dilakukan tiap kab/kota dalam memberikan rasa nyaman dan mengurangi angka kriminalitas, angka kecelakaan dan juga penanganan kegawat daruratan. 

Semua ini dilakukan sebagai agenda tahunan yang harus dilakukan oleh negara untuk mengupayakan kenyamanan para pengguna kendaraan yang melintasi semua jalur transportasi. 

Seperti halnya yang dilakukan kemarin, Minggu (10/6/2018), kehadiran Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, yang sebelumya hadir Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono melakukan pemantauan arus mudik di jalur pantura. 

Kapolri beserta rombongan tiba di wilayah Kabupaten Brebes dengan mengunakan 4 pesawat Halikopter dan mendarat di Stadion Karangbirahi Brebes.  Nampak hadir mendampingi Panglima TNI dan Kapolri dalam pemantauan arus mudik tersebut diantaranya Menko PMK Puan Maharani, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek. Pantau tersebut dilakukan untuk memastikan mudik lebaran 2018 aman dan nyaman.

Peninjauan yang sama, sebelumnya juga dilakukan di wilayah Tol Cikopo. Setelah mendarat di Karagbirahi Brebes peninjauan dilanjutkan ke Rest Area Petarukan melalui Gate Tol (GT) Brebes Timur (Brexit) untuk melihat fasilitas pendukung seperti Pom bensin, musholla dan toilet.

Setelah melihat dan menyapa para pemudik di GT Kertasari, Kapolri dan Panglima TNI menerima paparan Kapolda Jateng yang didampingi Pangdam IV/Diponegoro tentang situasi Kamtibmas dan Mudik di wilayah Jateng 2018.

Dalam kesempatan ini, Kapolri memberikan penekanan agar di tempat titik seperti di Kalikuto, Krincing, Kertasari dan Cikopo yang ada posko bersama yakni Polri, TNI, Basarnas, Pertamina, Kesehatan, agar diperhatikan kesiapan ketersediaan makanan dan toilet.

Sementara itu Panglima TNI menambahkan, pihaknya menyoroti kemungkinan kerawanan di wilayah Cikopo, Krincing, Kertasari dan Kalikuto. Pihaknya juga menyarankan kepada Menteri Kesehatan (Menkes) agar ditempatkan juga fasilitas mini ICU diarea pelayan kesehatan yang terdapat disetiap rest area.

Setelah tinjauan dari Rest area Kertasari, selanjutnya Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE. MH dan Wakil Bupati Brebes Narjo, SH. beserta beberapa SKPD, juga Kapolres dan Dandim Brebes. Mengantarkan kembali Kapolri dan rombongan kembali Stadion Karangbirahi Brebes guna melanjutkan pemantauan arus mudik melalui udara menuju wilayah Jawa Timur.