Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Maklumat Pelayanan PT. KAI Bukti Keseriusan Layanan Publik

23 Mei 2018   06:13 Diperbarui: 23 Mei 2018   07:57 1894
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam studi kebijakan publik yang penulis pelajari dibangku kuliah ilmu administrasi publik, apa yang dilakukan PT KAI dalam memberikan perubahan terbaik kepada custumers nya sudah semakin membaik, bahkan cenderung melakukan inovasi dan kreatifitas serta loyalitas kerja yang patut di apresiasi. Termasuk profesionalitasnya semakin terjaga dan dipertahankan akan kualitas layanan. 

Maklumat Pelayanan/Doc Pribadi
Maklumat Pelayanan/Doc Pribadi
Adanya maklumat pelayanan yang ditempelkan di setiap stasiun membuktikan bahwa keseriusan perusahaan negara ini terhadap layanan ke pelanggan benar-benar ada jaminan. Isi maklumat pelayanan PT. KAI berbunyi " PT. Kereta Api Indonesia (Persero) selaku penyelengara prasarana dan sarana peerkeretaapian berkomitem untuk memberikan layanan yang terbaik kepada pengguna jasa kereta api sesuai dengan standar pelayanan minimum yang telah ditetapkan". 

Adapun pelayanan minimum yang ditetapkaan merujuk pada Peraturan Pemerintah No 72 Tahun 2009 tentang standar pelayanan minimum di stasiun, dapat dilihat pada Pasal 133 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang yakni :  (1) Pengoperasian kereta api harus memenuhi standar pelayanan minimum, (2) Standar pelayanan minimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:
a. standar pelayanan minimum di stasiun kereta api; dan
b. standar pelayanan minimum dalam perjalanan.

Selanjutjnya pada Pasal 134 dijelaskan bahwa : (1) Standar pelayanan minimum di stasiun kereta api kelas besar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 133 ayat (2) huruf a paling sedikit terdapat:
a. informasi yang jelas dan mudah dibaca mengenai:
nama dan nomor kereta api;
jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api;
tarif kereta api;
stasiun kereta api pemberangkatan, stasiun kereta api pemberhentian, dan stasiun kereta api tujuan;
kelas pelayanan; dan
peta jaringan jalur kereta api.

b. loket;
c. ruang tunggu, tempat ibadah, toilet, dan tempat parkir;
d. kemudahan naikj turun penumpang;
e. fasilitas penyandang cacat dan kesehatan; dan
f. fasilitas keselamatan dan keamanan.

(2) Standar pelayanan minimum dalam perjalanan kereta api sebagaimana dimaksud dalam Pasal 133 ayat (2) huruf b terdiri atas:
untuk kereta api perkotaan, paling sedikit meliputi:
pintu dan jendela;
tempat duduk dengan konstruksi tetap yang mempunyai sandaran;
lampu penerangan;
penyejuk udara;
rak bagasi;
fasilitas khusus dan kemudahan bagi penyandang cacat, wanita hamil, anak di bawah 5 (lima) tahun, orang sakit, dan orang lanjut usia; .
fasilitas pegangan untuk penumpang berdiri;
fasilitas kesehatan, keselamatan dan keamanan;
informasi gangguan perjalanan kereta api; dan
ketepatan jadwal perjalanan kereta api.

Nilai integritas
Nilai integritas
Selanjutnya jika kita lihat dari standar pelayanan minimal ini, ada 5 nilai utama yakji integritas, profesionalitas, keselamatan, inovasasi dan pelayanan prima. 

Implementasi Pelayanan Minimal di Stasiun

Penulis merasakan sendiri, prinsip perusahaan ini telah melakukan perubahan layanan yang cukup dibanggakan, walaupun perusahaan ini tidak ada kompetitornya, namun 5 prinsip utama dijalankan dengan baik, sebagian penumpang yang pernah mendapatkan layanan dari perusahaan iji menilai perusahaan negara ini semakin berbenah dan inovasi tiada henti. 

Layanan isi baterai untuk pelanggan PT KAI pun ada,  layanan pengaduan juga ada, setiap masuk diminta identitas E KTP dan cocokkan tiket yang ada, lalu tiket langsung di scan dan masuk sistem komputerisasi, artinya, memudahkan checking kedatangan penumpang. 

Saat mau menunggu saja, sebagian stasiun sudah ada kursi tunggu kereta api yang akan diberangkatkan, saat kereta api mau masuk sudah ada pemberitahuan informasi nomor gerbong dan nama kereta yang masuk, termasuk petugas keamanan pun stand by ambil memberikan informasi bahwa gerbong sesuai tiket. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun