bahrul ulum
bahrul ulum Kompasianer Brebes

" Ikatlah Ilmu dengan menulis, semua perubahan mesti berproses, Tetap Berusaha dan Kerja Keras, Man Jadda Wa Jadda "

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Manfaat Berbuat Baik Sebagai Makhluk Sosial

13 Februari 2018   19:25 Diperbarui: 14 Februari 2018   06:29 313 1 0
Manfaat Berbuat Baik Sebagai Makhluk Sosial
Berbuat Baik Pasti Banyak Manfaatnya/Doc Imgrum.org

Pernah anda menemui di jalan atau di lingkungan saudara melihat ada orangtua disaat tua kok tidak ada yang merawatnya, dibiarkan sama anaknya biar hidup sendirian, ada juga yang  terlunta-lunta. 

Mungkin anda juga mendengarkan atau membaca informasi berbagai media cetak, media elektronik, media online atau dari media sosial, terkait masalah nasib orangtua yang terlunta-lunta di ibukotanya, bahkan ada orangtua yang hidup sendirian, karena dia janda dan tua, harus makan sendiri, dan mengharapkan bantuan dari tetangga, atau lingkungan sekitarnya, karena pihak anak dan memantunya juga hidup serba kesusahan, akhirnya nasib orangtuanya serba dalam kondisi pas-pasan.

Dalam Alqur'an surat Annisa dijelaskan, berbuat baik kepada ibu dan bapak itu sudah mencakup segala-galanya, baik dari segi perkataan maupun perbuatan yang dapat membuat mereka bahagia. Berperilaku lemah lembut dan sopan terhadap keduanya, itu juga termasuk berbuat baik kepadanya. Mengikuti nasehatnya, selama tidak bertentangan dengan syariat. Andaikata mereka memerintahkan kepada kita untuk berbuat yang bertentangan dengan agama, kita boleh tidak mematuhi, tetapi terhadap keduanya tetap dijaga hubungan baik.

Seorang anak yang punya keluarga harusnya memiliki sikap tanggungjawab atau bertanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari sangat dibutuhkan pada diri setiap orang. Dengan memiliki sikap tanggungjawab, maka oranb tersebut akan melakukan kewajibannya. 

Pentingnya tanggungjawab dalam diri seseorang menjadikan ia disegani dan dihormati karena sudah menunaikan tanggungjawabnya. 

Selain kita punya tanggungjawab dengan orangtua kita juga harus berbuat baik kepada karib karib kerabat, yakni orang-orang yang memiliki hubungan dekat sesudah ibu bapak, atau umumnya disebut dengan keluarga. Termasuk  berbuat baik kepada anak yatim dan orang miskin ini bukan didasarkan oleh hubungan darah atau keluarga, akan tetapi semata-mata karena rasa iman kepada Allah SWT. Sejatinya iman inilah yang menumbuhkan rasa kasih sayang menyantuni anak-anak yatim dan orang-orang miskin, sebab Al-Qur'an sendiri sudah menjelaskan agar setiap muslim melakukan hal itu.

Kenapa ketika dilingkungan kita ada orang yang peduli kepada oranglain yang membutuhkan, seperti Berbuat baik kepada tetangga yang sudah tua tapi hidupnya sendirian, anaknya pun serba tidak cukup dalam hidupnya, maka sebagai tetangga kita juga ditubtut untuk berbuat baik kepada sesama tetangga juga sangat penting, sebab pada hakikatnya tetangga itu juga merupakan saudara dan keluarga kita. Jika terjadi suatu masalah yang menimpa kita, dialah yang paling dulu datang dan memberikan pertolongan kepada kita baik di pagi, siang, dan malam hari.

Berbuat baik kepada teman sejawatPerbuatan ini ditujukan kepada teman yang sama-sama dalam perjalanan, atau sama-sama dalam belajar. Maka kepada mereka harus diberikan pertolongan sehingga hubungan berkawan tetap terpelihara. Setia kawan adalah lambang ukhwah islamiyah, yakni lambang persaudaraan dalam Islam.

Berbuat baik kepada Ibnu Sabil, Berbuat baik kepada ibnu sabil adalah sikap menolong seseorang yang sedang dalam perjalanan, atau dalam perantanan yang jauh dari sanak famili dan sedang memerlukan pertolongan, disaat ia ingin kembali ke negerinya.

Ibnu sabil juga bisa diartikan sebagai anak yang tidak diketahui ibu bapaknya. Maka kewajiban seorang mukmin yaitu menolong anak tersebut, memeliharanya serta mencarikan keberadaan orang tuanya agar anak tersebut tidak terlunta-lunta hidupnya.

Berbuat baik kepada hamba sahaya, Berbuat baik kepada hamba sahaya ialah dengan jalan memerdekakannya. Namun, di zaman sekarang ini perbudakan sudah tidak ada lagi, sebab hal itu bertentangan dengan hak asasi manusia.