bahrul ulum
bahrul ulum Fasilitator Pemberdayaan - Jurnalis Warga

" Ikatlah Ilmu dengan menulis, semua perubahan mesti berproses, Tetap Berusaha dan Kerja Keras, Man Jadda Wa Jadda " ( Ketua Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) dan Ketua Koalisi Kependudukan (KKP) Kabupaten Brebes ), Founder Jurnalis Warga cbmnews.net, link lain klik aja www.penaulum.com

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara Pilihan

Contreng Biru Simbol Produktivitas Menulis

22 Januari 2018   09:01 Diperbarui: 22 Januari 2018   09:36 570 4 2

Sejak 1 November 2017 penulis gabung dengan kompasiana.com, 3 bulan sudah menulis dari berbagai topik yang ada, walaupun tidak semua topik pilihan penulis goreskan penanya, karena berbagai pertimbangan dari sisi pemahaman tulisan maupun gaya tulisan yang harus disajikan setiap ditopik yang dipilih. 

Contreng hijau telah didapatkan dalam waktu 2 bulan, setelah menenuhi syarat yang ditentukan oleh admin kompasiana. Harus melampirkan fc scan ktp atau foto id card ktp lewat HP dan mengisi biodata lengkap sesuai dengan isian yang ada di ketentuan kompasiana dengan tanda sukses isian profil. 

Poin yang ada selalu bertambah, seiring dengan jumlah judul tulisan, semakin produktif tulisan dan mengambil tema yang cukup menarik pembaca, maka secata otomatis bertambahlah poin dan viewer yang muncul. Status Highligt pun sering didapat bila menulis dengan gaya sing lugas, topik yang buat penasaran dan judul tulisan jarang dimuat atau ambil judul yang lagi tre dalam berbagai liputan berita. 

Status artikel utama juga pernah didapatkan penulis, beberapa judul yang terpilih masuk dalam kategoti artikel utama, namun secara prosentase masih belum maksimal, karena dari tulisan yang dipublish belum banyaknyang jadi headline news (HL) sebuah perjuangan seorang penulis tentunya untuk menulis biar masuk HL, walaupun harus menuangkan ide dan gaya tulisan sesuai dengan para penulis kompasiana yang sering masuk kategori HL dan rata-rata dilihat adalah penulis dengan contreng biru. 

Kenapa HL dominan Penulia Contreng Biru

Pengamatan penulis, admin kompasiana sudah melakukan proses yang berjenjang tentunya, dari mulai debutan-yunior-taruna-jelajah dan kategori poin yang didapat, lewat proses ini menandakan bahwa yang bersangkutan bisa dilihat dari setiap kiriman judul dan juga pola pikir dana analisisnya bisa terlihat, tentunya admin bisa memberikan penilaian yang obyektif, ini artinya diberikan tanda contreng biru berarti yang bersangkutan dianggap dalam tulisan, produktivitas serta cara menganalisisnya sangat dipertanggungjawabkan, bahkan jarang sekali menulis dengan copy paste kutipan sebuah penulis yang lain, bila ada kuyipan yang diambil, mereka tahu bagaimana cara mengutip tulisan sesuai dengan kaidah jurnalistik atau juga kaidah ilmiah. 

Penulis mengapresiasi kepada para prnulis kompasiana yang status contreng biru, anfa memang layak masuk di tanda tersebut, harus semangat dan bantu membuka cakrawala para penulis yang yunior termasuk mereka yang pemula gabung di kompasiana.com ini. 

Contreng biru diharapkan menjadi pionir dalam mengangkat penulis muda untuk produktif di kompasiana dengan cara memberikan motivasi bagi para penulis pemula ini, minimal trik dan upaya seperti apa agar dapat tanda hijau. 

Semoga contreng biru ini menginspirasi saya sebagai penulis baru dikompasiana untuk bisa mendapatkan tanda contreng biru. Berarti harus semangat terus untuk menulis walaupun hanya dapat higlight bukan di HL. Semoga perjungan menulis masih kuat dan penuh semangat.