Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Medsos Twitter untuk "Follow Up" Pengaduan

21 Januari 2018   18:09 Diperbarui: 22 Januari 2018   06:20 1427
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Terinspirasi dengan status di facebook group celoteh brebes membangun, dimana ada salah satu member yang mengadukan perihal tiang PLN " Meyeg" di atas tanah milik jamudin. Pihaknya mengeluhkan sudah beberapa kali mengadukan perihal status tiang listrik yang meyeg ini, namun hingga satu tahun ini tidak di tindaklanjuti. Akhirnya pasrah dan mengirimkan status pengaduan PLN perihal tiang PLN "meyeg " ini ke media sosial. 

Lalu penulis sekaligus admin group ini mencoba untuk membantu pengaduan ini dengan meminta identitas pelapor dan juga lokasi tepatnya dimana agar nanti pihak PLN mau menindaklanjuti atas pengaduan yang dikirimkan lewat twitter. Adapun pengaduan ke PLN lewat twitter terlihat dibawah ini. 

Pengaduan tiang PLN Meyeg Via Twitter/Doc Pribadi
Pengaduan tiang PLN Meyeg Via Twitter/Doc Pribadi
Beberapa menit dilaporkan kemudian, ada jawaban dari pihak PLN yang meminta data lengkap pelapor dan juga lokasi dimana tiang PLN yang meyeg tersebut. Penulis mencoba untuk meminta data yang dibutuhkan PLN tersebut lalu mengirimkan kembali perihal pengaduan tersebut kepada twitter PLN dengan respon sebagai berikut. 

Respon PLN atas pengaduan/Doc Pribadi
Respon PLN atas pengaduan/Doc Pribadi
Penulis mencoba sendiri bagaimana respon sebuah layanan publik sekarang ini, apakah pengaduan yang dilakukan ini berdampak cepat atau lambat, seberapa penting peran media sosial ini, bila ternyata efektif maka media sosial bisa menjadi laporan pengaduan dan ditindaklanjuti maka akan menjadi model pengaduan yang sangat baik. 

Penulis akan melihat respon hasilnya dari pihak PLN setelah tulisan ini di publikasikan, semoga quick responnya bisa di follow up oleh lembaga layanan publik ini. 

Akhirnya di akhir pengaduan, penulis mendapatkan no. Pengaduan resmi atas laporan yang dikirimkan dengan isi pesan@cbmnewsbrebes Mhn maaf atas ketidaknyamanannya. Laporan telah admin tindaklanjuti ya ke PLN terkait dgn no pengaduan G5418012102457.


" Admin sarankan diberi tanda bahaya disekitar lokasi tsb ya agar tidak terjadi hal2 yg tdk diinginkan. (map)", Semoga dalam waktu beberapa hari kemudian sudah ditindaklanjuti oleh PLN Brebes Jawa Tengah. 

Penulis juga bertanya kembali, berapa lama pengaduan yang disampaikan ini di tindaklanjuti, lalu oleh admin dijawab @cbmnewsbrebes Mohon maaf, terkait no pengaduan G5418012102457 apakah sudah ada petugas yg menghubungi? jika belum, bisa infokan ID pelanggan listriknya. (map)

Penulis juga meminta kepada pelapor untuk minta id pelanggan listrilnya dan konfirmasi apakah nomor pelapor itu telah dihubungi. Mudah-mudahan hari ini, senin (22/1/2018) ada kejelasan tindaklanjut pengaduan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun