bahrul ulum
bahrul ulum Kompasianer Brebes

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Informasi Digital di Bandara International Abu Dhabi

9 Januari 2018   11:02 Diperbarui: 9 Januari 2018   16:33 968 0 0
Informasi Digital di Bandara International Abu Dhabi
Pusat Informasi Digital Abu Dabai/Doc Pribadi

Bagi anda yang hobi travelling atau wisata ke mancanegara, maka papan informasi yang nampak di setiap titik lokasi menjadi sesuatu hal yang penting sekali. Para pendatang dari segala penjuru dunia akan mudah mengetahuinya dengan mudah. Dia akan mencocokkan rute yang dilewatinya sesuai dengan tiket yang dipegangnya. 

Bayangkan saja, ketika ada orang kampung ingin umroh menuju madinah tapi harus transit beberapa jam di abu dabai, maka jamaah tersebut harus paham tanda penunjuk arah atau meminta ke pusat informasi bandara tersebut. 

Digital Information Abu Dabai Bandara/Doc Pribadi
Digital Information Abu Dabai Bandara/Doc Pribadi
Bahasa juga punya peran penting untuk berkomunikasi, minimal mampu berbahasa inggris sebagai bahasa percakapan internaional. Karena dengan bahasa inilah kita akan mudah dan tidak mengalami salah arah atau lokasi tujuan dimana kita hatus melanjutkan ke gate berapa. 

Di bandara international Abu Dabai, penulis lihat langsung disejumlah sudut ruangan ada papan informasi bagi turis mancanegara baik papan penunjuk arah gate, dimana room prayer, toilet dengan dua bahasa, termasuk tersedia juga  layanan informasi berbasis digital, turis tinggal tunjukkan tiket yang ada barcodenya di mesin scan barcode , secara otomatis akan terlihat dengan jelas rute yang harus dilewati termasuk ketepatan gate sesuai tiket. 

20180109-075055-5a543cf6dd0fa85bb9055654.jpg
20180109-075055-5a543cf6dd0fa85bb9055654.jpg
Alat ini berbentuk toothscreen, dan berbasis web serta ada aplikasi model android, anda tinggal pilih sesuai dengan pilihannya, namun hanya berbahasa arab, dan bahasa inggris yang bisa terpasang. 

Bagi orang abudabai atau turis mancanegara mungkin hal yang biasa, tapi coba jika yang bepergian orang kampung dengan latar belakang pendidikan dasar maka akan mengalami kesulitan, apalagi saat bepergian tidak didampingi dengan guide yang pengalaman maka akan mengalami sedikit kesulitan. 

Memahami ilmu teknologi dalam era digital ini sangatlah penting, anda tidak mengalami kesulitan dan disitulah muncul banyak kemudahan. Malu bertanya akan tersesat di jalan, komunikasi bahasa menjadi kunci utama agar kita ini tidak mengalami kebuntuhan. 

Gate 36 Terminal 3 Bandara Abu Dabai
Gate 36 Terminal 3 Bandara Abu Dabai
Semakin kita cakap berkomunikasi dengan baik dan benar maka semakin cepat mendapatkan teman berbagai belahan dunia. Wajar jika anda ini ahli silaturokhim maka menjadi modal kuat baginya untuk mendapatkan pengetahuan lebih dan mestinya untung berpihak bagi kita yang paham dengan bahasa dan juga ilmu pengetahuan luas.

Layanan wifi gratis yang terkoneksi dengan handphone android juga sangatlah penting, termasuk layanan cash baterai HP ini juga mutlak diperlukan. Dengan semua layanan yang tersedia terpenuhi disemua titik gate maka menjadi faktor kenyamanan para turis mancanegara untuk berkunjung termasuk mereka menilai bahwa negara ini familier dengan teknologi digitalnya. 

Layanan bus antar jemput dari gate ke tempat dimana pesawat mau terbang juga mutlak dipahami, termasuk layanan kenyamanan bagi penumpang pesawat saat berada didalam pesawat tersebut. 

Semoga semua bandara yang ada di Indonesia mulai berbenah untuk hal yang lebih maju dan mau memberikan layanan terbaiknya bagi kenyamanan para tamu mancanegara dan juga turis domestik. Dampaknya secara tidak langsung devisa negara dan juga trust bahwa di Bumi Nusantara ini negara yang penduduknya ramah, sopan dan nyaman bagi mereka yang ingin mengenal betul Indonesia.