Komunitas Penatajam
Komunitas Penatajam

Komunitas penulis Kompasiana yang memiliki mimpi agar kegiatan menulis menjadi kesenangan, bukan beban | Twitter : https://twitter.com/KPenatajam | FBpage : https://www.facebook.com/KPenatajam/ | Email : komunitaspenatajam@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

[BanciPilpres] Banyak Cinta di Pemilihan Presiden

10 Maret 2019   05:30 Diperbarui: 10 Maret 2019   11:15 333 16 20
[BanciPilpres] Banyak Cinta di Pemilihan Presiden
Image by Alexas_Fotos on Pixabay

">

Kurang dari 40 hari lagi atau tepatnya tanggal 17 April 2019, Indonesia akan menyelenggarakan hajatan besar. Yaitu pemilihan umum (Pemilu) serentak yang pertama kalinya. Pemilu kali ini bukan hanya memilih calon legislatif melainkan juga pemilihan presiden.

Apakah BanciPilpres?

Suasana menjelang Pemilu sudah semakin panas terutama di media sosial dan juga di Kompasiana. Untuk itu kami Komunitas Penatajam yang baru lahir pada tanggal 14 Februari 2019 ingin mencoba untuk sedikit mendinginkan suasana.

Usaha ini coba diwujudkan dengan mengadakan lomba tulisan tentang pemilu dan pemilihan presiden. Sesuai dengan mimpi kami yang ingin bersenang-senang dalam menulis, bukan beban. Mari kita  berlomba untuk menulis tema serius tetapi tetap santai.

Tema yang kami pilih adalah BanciPilpres yang merupakan singkatan dari Banyak Cinta (Banci) di pemilihan presiden (Pilpres).

Kompasianer bebas menggunakan semua kanal atau kategori di Kompasiana tetapi karena ini adalah lomba menulis maka penggunaan kanal video tidak diperkenankan. Tulisan berupa tulisan damai dan pujian tentang bagaimana hebatnya calon yang didukung. Tulisan fiksi tentang pilpres dan pemilu. Analisa ekonomi juga boleh. Humor sangat disarankan karena humor menurut Mbah Jati bisa menurunkan ketegangan.

Mbah Jati sebagai ahli ketegangan pernah berkata bahwa kalau minum obat kuat hati-hati. Mengapa? Karena ketegangan yang terus berlanjut tidak baik bagi kesehatan dan bisa menyebabkan dioperasi. Hehehe

Adapun dewan juri yang akan menilai adalah Ronald Wan, Susy Haryawan, Mike Reyssent, Selsa, dan Suyono Apol. Sehingga para anggota Komunitas Penatajam yang menjadi juri ini tidak akan dinilai tulisan BanciPilpres-nya.

Kriteria umum tulisan yang akan dinilai adalah tulisan mengenai pemilihan umum dan pilpres. Menyebarkan konten yang damai dan adem serta tidak menyerang calon yang tidak didukung baik secara negatif apalagi yang masuk kampanye hitam. Bercanda cantik atau humor yang tidak mendiskreditkan orang lain dipersilakan.

Syarat dan Ketentuan :

  • Tulisan tidak melanggar syarat dan ketentuan Kompasiana. Jika tidak tahu sila baca di sini.
  • Judul tulisan wajib mencantumkan [BanciPilpres] di awal. Sebagai contoh [BanciPilpres] Komunitas Penatajam yang Menyelenggarakan.
  • Di bagian label tulisan wajib diberikan label bancipilpres (seperti gambar dibawah)

Ilustrasi (Dok Penatajam)
Ilustrasi (Dok Penatajam)

  • Peserta wajib follow dan like FB page Komunitas Penatajam (https://www.facebook.com/KPenatajam/) dan menayangkan (posting) tulisan yang ikut lomba di FB page Komunitas Penatajam.
  • Peserta wajib follow Twitter Komunitas Penatajam @KPenatajam (https://twitter.com/KPenatajam) dan menayangkan (share) tulisan tersebut di Twitter dengan hashtag #BanciPilpres #KomunitasPenatajam dan #Kompasiana serta mention Twitter @KPenatajam.
  • Peserta wajib mencantumkan gambar logo Komunitas Penatajam (seperti gambar di bawah) di bagian akhir tulisan. Caranya dengan mengarahkan cursor ke atas logo dan klik kanan. Pilih save as picture dan cantumkan sumber gambar adalah Kompasiana.
  • Periode BanciPilpres akan dimulai Senin tanggal 11 Maret 2019 pukul 00.00 dan akan berakhir Minggu tanggal 17 Maret 2019 pukul 23.59
  • Anggota Komunitas Penatajam selain yang terlibat sebagai dewan juri berhak untuk ikut serta dalam lomba.
  • Setiap peserta boleh mengirim lebih dari satu tulisan dari berbagai kategori
  • Keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat.

Hadiah yang disediakan adalah untuk Lima (5) pemenang berupa kain batik plus pulsa senilai Rp 50 ribu untuk masing-masing.

Pengumuman pemenang akan dilakukan paling lambat tanggal 31 Maret 2019 dan akan ditayangkan di Kompasiana, FBpage dan Twitter  Komunitas Penatajam.

Selamat Berlomba

Logo Komunitas Penatajam (dok Penatajam)
Logo Komunitas Penatajam (dok Penatajam)