Mohon tunggu...
Sutrisno Penadebu
Sutrisno Penadebu Mohon Tunggu... Guru - Menulis menebar kebaikan, Menulis apa saja bila ide datang

Sutrisno dengan nama pena Penadebu, Kepala Sekolah di Babulu kabupaten Penajam Paser Utara. Menulis di beberapa media baik cetak maupun online telah menerbitkan beberapa jurnal, prosiding, dan beberapa buku. Kini menjadi pengurus organisasi profesi. Menjadi instruktur lokal dalam kegiatan menulis dan guru inti. Sutrisno dapat dihubungi di: 1. HP/Wa : 081253791594 2. Facebook : Sutrisno babulu 3. Email : sutrisnok809@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Persiapan Awal Ramadan

19 Maret 2023   11:14 Diperbarui: 19 Maret 2023   12:42 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri_Pawai awal Ramadan

"Ayo, segera persiapan, kita segera bergabung untuk melakukan pawai"

Pada hari Minggu, 19 Maret 2023 TPA-TPA yang berada di wilayah TK TPA BKPRMI Kecamatan Babulu menyelenggarakan pawai keliling. Peserta pawai adalah seluruh TK-TPA yang berada di wilayah kecamatan Babulu. Pawai ini dimaksudkan untuk menyambut Puasa Ramadan.

Ramadan adalah bulan suci dalam agama Islam di mana umat muslim di seluruh dunia berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. 

Selain puasa, Ramadan juga diisi dengan ibadah-ibadah lain seperti shalat tarawih dan membaca Al-Quran. Agar dapat mempersiapkan diri dengan baik.

Beberapa hal yang sering dilakukan pada awal Ramadan diantaranya:

  1. Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Memulai Ramadan dengan kesehatan fisik dan mental yang baik sangat penting. Pastikan Anda makan makanan yang sehat, cukup istirahat, dan menjaga kesehatan fisik dengan berolahraga. 

Selain itu, pastikan Anda juga menjaga kesehatan mental dengan mengurangi stres dan merencanakan waktu untuk beristirahat dan bersantai.

  1. Menjaga Spiritualitas

Ramadan adalah waktu untuk meningkatkan spiritualitas. Mulailah dengan memperdalam pemahaman tentang agama Islam dan memperbanyak ibadah seperti shalat, membaca Al-Quran, dan berzikir. Carilah informasi dan sumber-sumber yang dapat membantu Anda dalam memperdalam pemahaman tentang Islam. Tingkatkan untuk mengikuti pengajian-pengajian di masjid terdekat.

  1. Mempersiapkan Makanan dan Minuman untuk Berbuka Puasa

Mempersiapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa adalah hal yang penting dalam persiapan Ramadan. Pastikan Anda mempersiapkan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi untuk membantu tubuh memulihkan energi setelah seharian berpuasa.

  1. Mengatur Jadwal dan Rutinitas

Mengatur jadwal dan rutinitas sehari-hari dapat membantu Anda memanfaatkan waktu dengan efektif selama Ramadan. Buatlah jadwal kegiatan sehari-hari termasuk waktu untuk ibadah, bekerja, dan beristirahat.

  1. Menjaga Keteraturan dalam Beribadah

Selama Ramadan, pastikan Anda menjaga keteraturan dalam beribadah. Hal ini termasuk menjaga waktu shalat dan membaca Al-Quran, serta memperbanyak doa dan berzikir. Dengan menjaga keteraturan dalam beribadah, Anda dapat memperdalam spiritualitas dan memanfaatkan bulan Ramadan dengan maksimal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun