Mohon tunggu...
kukuh widyatmoko
kukuh widyatmoko Mohon Tunggu... -

menjadi manusia "out of the box" melalui mengolah informasi menjadi hal penuh makna

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Mapping “Pendidikan Karakter”

24 April 2013   08:30 Diperbarui: 24 Juni 2015   14:42 378
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13667669371221880310

[caption id="attachment_249725" align="aligncenter" width="300" caption="dok.pri"][/caption]

Buku dengan alur berpikir sangat teratur ini menambah wawasan tentang pendidikan karakter. Buku berukuran 23 x 15 cm sangat cocok bagi kalangan praktisi pendidikan.

Terlebih praktisi pendidikan di dasar, menengah dan tinggi. Alasannya bahasanya sangatlah ilmiah. Literaturnya pun beberapa mengambil dari ilmuwan asing.

Bagaimana alur penulis mengolah pendidikan karakter? Pembaca pada bab 1 mendapat ulasan tentang mengapa pendidikan karakter muncul di tengah hiruk pikuk dinamika social masyarakat? Subpokok bahasannya, realitas pendidikan dan dampaknya. Pendidikan karakter merupakan solusi. Dampak pendidikan karakter terjadap keberhasilan akademik. Dan, perlunnya kurikulum holistic dalam pendidikan karakter.

Penulis adalah dosen Universitas Negeri Malang ini, memunculkan pemikiran, pentingnya bahkan betapa mendesaknya pendidikan karakter bagi masyarakat Indonesia dalam bab 2. Dengan subpokok bahasan, bagaimana pendidikan karakter di Negara lain. Pendidikan sebagai medium enkulturasi. Juga, peranan guru dalam pendidikan karakter.

Penulis dan juga peneliti mengajak pembaca masuk lebih dalam yaitu hakikat dan tujuan pendidikan karakter dalam bab 3. Adapun subpokok bahasan ialah pendidikan karakter di sekolah. Dan, pendidikan budi pekerti pada keluarga.

Buku terbitan Bumi Aksara ini, beberapa pendekatan diusulkan Penulis, pembaca dapat memilih sesuai dengan kondisi. Usulan tersebutada dalam bab 4 terdiri dari pendekatan penanaman nilai. Pendekatan perkembangan kognitif. Pendekatan analisis nilai. Pendekatan klarifikasi nilai. Dan, pendekatan pembelajaran berbuat.

Sebelum bab penutup, Penulis mengolah pendidikan karakter dalam tinjauan, ciri dasar, sasaran dan basis desain. Sebagai subpokok bahasan ialah ciri dasar pendidikan karakter. Pendidikan karakter: keseimbangan. Pendidikan karakter dalam ranah pendidikan nilai. Kecerdasan emosi bekal terpenting anak. Pendidikan karakter yang terintegral. Dan, tiga basis desain pendidikan karakter.

Sampailah pada bab 6 sebagai penutup, Penulis berbagi strategi pendidikan karakter: beberapa kasus penerapan. Ada pun subpokok bahasannya yaitu strategi pendidikan karakter. Cara menjadikan anak lebih bertanggung jawab. Implementasi pendidikan budi pekerti dalam Agama Hindu. Parkour sebagai pendidikan karakter. Pendidikan holistic berbasis karakter untuk TK dan SD. PLH dan Pendidikan karakter anak didik kita. Dan, pengajaran Sastra berdimensi moral.

Penulis bernama Masnur Muslich berlatar belakang akademik pendidikan Bahasa selesai menempuh program S3 di Universitas Negeri Malang. Penulis mengemas ide dalam buku setebal lebih dari 200 halaman, cetakan pertama tahun 2011.

self !mprovement Positive (s!P) CP : 087 85 95 8 55 72

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun