Mohon tunggu...
Puspita Wulandari
Puspita Wulandari Mohon Tunggu... -

Saya seorang guru di sebuah sekolah pinggiran tepatnya di SMK Negeri I Kertosono kab Nganjuk prop Jawa Timur. Saya mengajar bidang study Fisika dan IPA. Saat ini sedang belajar menulis dan mengembangkan diri dengan tujuan mampu mengembangkan potensi siswa secara maksimal. Saya mencanangkan SASISAE (Satu Siswa Satu Email) dan SASISAB (Satu Siswa Satu Blog)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sekolah Bayar Murah Fasilitas Eksekutif

10 Juli 2010   02:56 Diperbarui: 26 Juni 2015   14:58 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Setiap kali bertemu dengan teman guru dari berbagai daerah baik di tingkat Propinsi maupun di tingkat Nasional, salah satu topik bahasan kami adalah uang SPP. Setiap kali kami menyebutkan angkanya selalu ditertawakan karena nilainya sangat kecil. Bahkan terkecil di antara semua sekolah-sekolah peserta.

Namun semua itu tidak menyurutkan niat kami untuk memperbaiki pelayanan kepada siswa. Salah satunya adalah memperbaiki fasilitas perpustakaan sekolah.  Jika dibandingkan dengan sekolah lain mungkin kami terbilang agak lambat berjalannya namun secara pasti kami terus menerus berupaya memperbaiki pelayanan. Bahu membahu berbagi ilmu dan tenaga untuk kepentingan tumbuh kembang siswa.

Jangan bandingkan pelayanan sekolah pinggiran dengan fasilitas sekolah unggulan. Kritik pedas dari siswa terhadap pelayanan kami sering kami terima. Seperti halnya Johan salah satu siswa terbaik di sekolah kami. Dia sangat kritis. Marah atau sakit hati padanya tidak ada gunanya. Yang bisa kami lakukan adalah mengajak siswa “Mengubah kritikan menjadi sebuah doa”. Pada awalnya Johan dkk tidak percaya, namun setelah melihat hasilnya dia menjadi yakin dan bersemangat membantu.

Salah satu pelayanan yang sedang kami persiapkan adalah memperbaiki pelayanan perpustakaan sekolah. Alhamdulillah kini kami bisa memberi pelayanan internet gratis sehingga selama liburan beberapa siswa bisa memanfaatkannya untuk belajar.

Dalam waktu dekat kami sedang berjuang menambah komputer lagi di perpustakaan sekolah sebagai upaya mendukung Program UNESCO dan IFLA dalam kegiatan LITERASI INFORMASI di sekolah. Program ini bertujuan untuk membekali siswa agar mempunyai kesiapan pengetahuan dan keterampilan ketika memasuki abad informasi.

Semoga dengan adanya internet gratis di perpustakaan sekolah mampu meningkatkan INTELLECTUAL CURIOSITY (rasa keingintahuan intelektual) siswa. Dan semoga kami mampu menyediakan Wahana rekreasi intelektual yang nyaman di sekolah, mengingat siswa kami sebagian besar berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Sekolah bayar murah fasilitas eksekutif, siapa takut?!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun