Mohon tunggu...
M IrfanFauzi
M IrfanFauzi Mohon Tunggu... Mahasiswa jurusan PAI di Fakultai Agama Islam Universitas Muhammadiyah Bandung

seorang hamba yang mengembara dialam fana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peluang dan Tantanga Dunia Pendidikan di Era Digital

23 Juli 2021   01:07 Diperbarui: 23 Juli 2021   01:11 34 0 0 Mohon Tunggu...

zaman mendorong kita untuk lebih jauh kedepan dengan banyak inovasi dan kreatifitas yang dilakukan manusia saat ini dari berbagai bidang, seperti dalam bidang pendidikan. 

pendidikan dimasa pandemi ini dituntut untuk beralih menggunakan teknologi dari mulai proses belajar mengajar yang tercipta dalam ruang virtual. hal ini memberikan peluang juga tantangan bagi pendidikan di era digital saat ini. menurut Doni Koesoema, anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menilai bahwa di era digital ini lembaga pendidikan indonesia akan memiliki peluang dan tantangan untuk berkembang, diantaranya 

  • kebijakan mentri pendidikan dengan misi untuk membawa pendidikan ke pendidikan era digital 4.0
  • adanya teknologi pembelajaran yang selaras dengan menjamurnya start up di sektor pendidikan.
  • individualisasi pembelajaran
  • pengembangan sistem penilaian yang sudah berjalan dengan adanya beberapa sekolah yang memiliki sistem manajemen sekolah yang berbasis teknologi.
  • pengembangan kurikulum dalam sistem pendidikan

adaptasi dan penyesuaian denga peradaban baru yang begitu pesat. inilah peluang dan tantangan yang harus dihadapi semuanya terutama di bidang pendidikan sebagai sektor penting untuk kemajuan suatu bangsa, yaitu virtual meeting sebagai sarana pembelajaran era digital, migrasi generasi klasikal menuju peradaban milenial, peradaban era robotic kedalam program sekolah, membangun generasi emas indonesia dan berkarakter. 

solusi atas kendala-kendala pendidikan di era digital sekarang ini yaitu guru dan siswa harus mempunyai atau memiliki akses terhadap teknologi digital dan internet dalam kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan. guru harus memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam menggunakan alat-alat juga sumber-sumber untuk kegiatan belajar mengajar juga harus tersedianya anggaran yang cukup dalam pengadaan dan perawatan. 

VIDEO PILIHAN