Mohon tunggu...
Anwar Effendi
Anwar Effendi Mohon Tunggu... Jurnalis - Mencari ujung langit

Sepi bukan berarti mati

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Lebih Baik Empat Jari Ketimbang Dua Jari

17 April 2020   12:01 Diperbarui: 17 April 2020   12:28 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ini contoh pengereman yang salah karena menggunakan dua jari. (foto: dok. pribadi)


Ada kebiasaan buruk yang dilakukan pengendara motor. Terutama pengendara motor yang ada di Indonesia. Apa itu? Melakukan pengeremen dengan dua jari. Kelihatannya enak. Selain itu terasa praktis.

Padahal menarik tuas/gagang rem ke stang kemudi menggunakan dua jari, bisa membahayakan pengendara. Oke, kalau selama ini aman-aman saja. Tapi, plisss, ubahlah kebiasaan itu. Apalagi kalau dilakukan ibu-ibu, yang suka menggampangkan hal-hal sepele.

Secara logika saja, sudah bisa terbayangkan, tarikan dua jari pada tuas rem tenaganya lebih lemah dibandingkan tarikan yang mengunakan empat jari. Efek tarikan tuas rem yang sangat lemah (mengunakan dua jari), akan terasa ketika kendaraan motor melaju dengan kecepatan tinggi.
 
Misalnya, ini sih jangan sampai terjadi, jika ibu-ibu hendak menjemput anak, kemudian buru-buru mengendalikan motornya, tidak sadar kecepatannya jadi tinggi, terus merasa kagok di depannya ada mobil. Pasti reflek menarik tuas rem. Cuma tarikannya latah menggunakan dua jari. Tentu saja tenaganya terasa lemah, dan rem pasti tidak menggigit. Bisa dibayangkan itu ban depan motor bakal menyeruduk bagian belakang mobil.

Beda jika yang sudah membiasakan diri menarik tuas rem dengan menggunakan empat jari. Tuas rem yang ditarik menggunakan empat jari, hasilnya akan lebih pakem. Kanvas rem akan menggigit cakram. Kemungkinan besar putaran roda akan terhenti. Dan risiko kecelakaan bisa terhindari.

Biasakan mengerem dengan empat jari. (foto: dok. pribadi)
Biasakan mengerem dengan empat jari. (foto: dok. pribadi)
Keuntungan lain jika melakukan pengereman menggunakan empat jari, yakni jari tangan kita terfokus pada tuas rem. Artinya tidak ada lagi jari yang berada pada tarikan gas. Laju motor otomatis melemah, karena tarikan gas sudah dilepas oleh jari.

Hal yang berbeda terjadi jikan pengereman menggunakan dua jari. Ada sisa jari yang masih berada pada tarikan gas. Jari yang tersisa itu bukan tidak mungkin tetap menahan gas. Artinya kecepatan bisa tidak menurun. Itu sangan berbahaya, saat dilakukan pengereman tapi kecepatan tidak diturunkan.

Bagi anggota komunitas motor yang suka jalan-jalan ke luar kota, pasti hafal tidak akan menyimpan dua jari pada posisi stand by di tuas rem. Itu sangat melelahkan apalagi perjalanan jauh. Efek buruknya, otot jari nanti cepat tegang dan gampang capek. Posisi yang benar, jempol dan empat jari memegang gas, saat hendak mengerem, turunkan gas dengan melepas empat jari yang pindah untuk menarik tuas rem.

Lebih dari itu, tetap harus hati-hati dalam mengendarai motor di jalan. Harus fokus, pikiran jangan bercabang. Ingat ya...ibu-ibu jangan naik motor sambil melamun! (Anwar Effendi)***

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun