Mohon tunggu...
Anwar Effendi
Anwar Effendi Mohon Tunggu... Mencari ujung langit

Sepi bukan berarti mati

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Para Jomlo, Cobalah Nikmati Air Terjun Pulau Mursala

19 Maret 2020   05:46 Diperbarui: 19 Maret 2020   06:13 57 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Para Jomlo, Cobalah Nikmati Air Terjun Pulau Mursala
Air Terjun Pulau Mursala airnya langsung jatuh ke laut. (dok. pribadi)

Jalan-jalan ke Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara jangan lewatkan destinasi pantainya. Cuaca di daerah itu memang cenderung panas, namun akan terbayar dengan pesona pantai yang indah.

Gugusan beberapa pulau kecil di sana masih alami. Hampir semuanya tidak berpenghuni. Sebagian lainnya, ditempatkan seorang penjaga. Yang palng menonjol di pulau-pulau kecil, pasirnya putih bersih.

Jadi, kalau ada kesempatan luangkan waktu saja bermain-main ke Pulau Putri, Janggi, Batulayar, Sitardas, Stungkus, Kalimantung, dan Mursala. Memang biaya yang dikeluarkan wisatawan untuk  berkunjung ke pulau-pulau tersebut agak menguras isi dompet.

Hal itu terkait dengan biaya sewa perahu motor dari daratan menuju pulau-pulau kecil tersebut. Pemilik perahu mengenakan tarif sekitar Rp 1,8 juta untuk mengantar wisatawan pergi pulang.

Para pemilik perahu biasanya mangkal di objek wisata Pantai Pandan. Tidak banyak, paling ada lima perahu. Jumlah tersebut bisa bertambah jika pada musim liburan. Atau ada rombongan wisatawan dalam jumlah besar.

Pulau Mursala dikelilingi batuan granit dan karang. (dok. pribadi)
Pulau Mursala dikelilingi batuan granit dan karang. (dok. pribadi)

Kunjungan ke pulau-pulau kecil juga tidak bisa dilakukan sembarang waktu. Para pemilik perahu biasanya menolak berangkat jika cuaca buruk. Mereka sudah hafal dengan kondisi alam di laut.

Walaupun wisatawan merasa yakin cuaca bagus saat mau berangkat dari Pantai Pandan, belum tentu pandangan yang sama muncul dari pemilik perahu. Pemilik perahu justru tahu kalau di seberang pantai cuaca buruk dan gelombang bakal tinggi. Kalau sudah begitu, dibayar berapa pun, pemilik enggan mengantar wisatawan.

Mengingat biaya sewa perahu cukup mahal, ada baiknya keberangkatan wisatawan menuju pulau-pulau kecil bersatu dalam satu rombongan. Perlu diketahui, perahu motor yang beroperasi di sana, maksimal mengangkut sembilan orang.

Tidak menjadi masalah bagi pemilik perahu, jika cuma mengantarkan lima orang wisatawan. Cuma biaya yang bakal ditanggung masing-masing wisatawan jadi lebih besar. Karena berapa pun wisatawan yang berangkat, biaya sewa tetap Rp 1.8 juta. Jadi kalau ada sembilan orang, biaya bisa dipukul rata menjadi Rp 200.000,00 per wisatawan.

Perahu wisatawan hendak mendarat di Pulau Kalimantung. (dok. pribadi)
Perahu wisatawan hendak mendarat di Pulau Kalimantung. (dok. pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x