Mohon tunggu...
Anwar Effendi
Anwar Effendi Mohon Tunggu... Mencari ujung langit

Sepi bukan berarti mati

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Telur Asin Mawar Bikin Pelanggan Ketagihan

18 Maret 2020   12:06 Diperbarui: 18 Maret 2020   13:28 181 2 0 Mohon Tunggu...

Telur asin Mawar di Kelurahan Derwati Kecataman Rancasari Kota Bandung cukup dikenal masyarakat. Usaha yang dilakoni secara turun temurun di Kampung Rancacili itu, tetap bertahan walau menghadapi gempuran krisis ekonomi.

Ibu Suryati (62 tahun) kini menjadi generasi ketiga dari usaha pembuatan telur asin Mawar. Dia memperoleh teknik pembuatan telur asin yang diturunkan dari kakek-neneknya dan berlanjut ke kedua orangtuanya.

Kini Ibu Suryati yang biasa dipangil ibu Yayat sudah 35 tahun menggeluti usaha telur asin. Dia mengalami pasang surut usahanya. Kendala utamanya, makin sulit meperoleh bahan baku telur bebek.

"Dulu di awal-awal usaha, mendapatkan bahan baku telur bebek gampang. Soalnya di lingkungan sini, banyak yang pelihara bebek. Ada beberapa yang yang bertani sambil beternak bebek. Tapi generasi sekarang sedikit saja yang mau beternak bebek," tutur Ibu Suryati.

Menurut Suryati, karena sulitnya mendapatkan bahan baku, kadang ada beberapa pesanan dalam jumlah besar terpaksa tidak terpenuhi. Jadi selama ini, produksi hanya untuk memenuhi penjualan sehari-hari keliling kampung.


Suryati mengungkapkan, dalam sehari dirinya bisa menjual 150 hingga 200 butir. Dia berkeliling mulai pukul 07.00 dan tidak sampai tengah hari sudah habis. Telur asin buatannya memang sudah dikenal sejumlah pelanggan.

Suryati menjajakan telur asin, selain di Kampung Rancacili, juga ke kompleks Nuansa Indah, Saluyu Indah, Kemakmuran, Keadilan, dan Sentosa. Saat berkeliling, bukan hanya telur asin yang ditawarkan, tapi juga telur bebek dalam bentuk masih mentah.

"Soalnya ada juga pelanggan yang pesan telur bebek mentah. Biasanya untuk campuran jamu. Ada yang punya keyakinan, makan merah telur bebek bisa menambah stamina. Tapi saya sedikit saja bawa telur bebek mentah, pembeli lebih banyak memilih telur asin," ucapnya.

Proses pembuatan telur asin yang dilakukan Suryati terbilang masih sederhana. Dia masih menggunakan adonan abu gosok yang sudah diaduk dengan air garam. Telur bebek pilihannya yang sudah diampelas kemudian dimasukan kedalam adonan abu gosok dan air garam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x