Media

Mengantisipasi Dampak Negatif Media Sosial bagi Generasi Muda

14 September 2017   16:12 Diperbarui: 14 September 2017   16:22 355 0 0

Kemajuan Teknologi Informasi saat ini begitu cepat dirasakan oleh masyarakat.  Penggunaan media sosial yang sekarang lebih tren bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi menjadi suatu kebutuhan yang hampir tidak dapat dielakan menjadi sarana yang harus dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan akan adanya informasi tentang apa saja.  Penggunaan media sosial saat ini untuk di Indonesia merupakan peluang bagi siapa saja yang ingin mengambil keuntungan baik yang bersifat positif maupun negative dari hasil pemanfaatan media sosial oleh masyarakat umum.  Ambil saja contoh sebagian masyarakat yang ingin berbisnis keci-kecilan atau ingin menjual produk hasil rumahan dapat memanfaatkan media sosial untuk menjual barang atau produk kepada masyarakat melalui media sosial tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. 

Mereka bisa kapan saja memberi info atau menjual produk kepada masyarakat umum untuk menghasilkan uang yang tentunya dapat member keuntungan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.  Adapula yang memanfaatkan media sosial untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan baik melaui blog, facebook ataupun twitter.  Yang lebih tren saat ini adanya informasi yang disampaikan dalam bentuk visual melaui media sosial You Tube.   Semua hal positif penggunaan media sosial akan sangat bermanfaat bila kita benar-benar mengetahui bagaimana memanfaatkan media sosial yang tepat dan berguna.

Namun tidak jarang saat ini media sosial digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk menyebarkan info negatif yang bertujuan untuk menimbulkan keresahan didalam masyarakat.  Penyebaran konten maupun opini yang bersifat profokatif dengan bebas berselancar di dunia maya dengan memanfaatkan media sosial yang tersedia. Bahkan media sosial saat ini banyak digunakan untuk menjatuhkan orang lain dengan menebar fitnah dan hujatan yang tidak pantas dan dipublikasikan secara massif melalui media sosial.  Hal ini merupakan dampak negatif dari media sosial yang harus dapat diantisipasi oleh siapapun terutama generasi muda.

Media sosial  dapat bermanfaat penggunaannya bila kita mampu melihat peluang positif yang ada di media sosial serta menghindari dampak negative yang diakibatkan media sosial tersebut.  Generasi muda merupakan generasi yang rentan terhadap perkembangan teknologi informasi saat ini.  Rasa ingin tahu dan kemauan untuk mencoba sesuatu yang baru bagi generasi muda dikaitkan dengan perkembangan media sosial dengan informasi yang dihasilkan bila tidak dikontrol akan berdampak negatif bagi perkembangan generasi muda itu sendiri. Oleh sebab itu dalam penggunaan media sosial hendaknya kita harus lebih arif dan bijaksana melihat akibat yang ditimbulkan bagi generasi muda bila informasi yang muncul di media sosial bersifat provokatif, hasutan dan tidak membangun malah merusak mental generasi muda.

Oleh sebab itu kepedulian terhadap generasi muda akan dampak negative penggunaan media sosial telah ditunjukan oleh Korem 151/Binaiya dengan menggelar berbagai sosialisasi dampak penggunaan media sosial bagi generasi muda yang diselenggarakan di semua SMA yang ada di kota Ambon.  Sosialisasi yang dilaksanakan bertujuan agar generasi muda dapat memanfaatkan media sosial pada hal-hal yang memberikan manfaat terutama bagi perkembangan pendidikan generasi muda sebagai penerus bangsa.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Korem 151/Binaiya ini terus digalakkan mengingat perkembangan teknologi informasi begitu pesat dan sulit untuk dibendukng.  Media sosial yang ada sekarang juga begitu pesat mengalami perubahan yang memberi daya tarik bagi masyarakat umum untuk memanfaatkan faslitas yang disediakan media sosial.

Bila dalam pemanfaatannya tidak bijaksana, tentu media sosial tidak akan member manfaat apa-apa bagi kita.  Oleh sebab itu generasi muda harus terus mendapatkan perhatian terutama dalam hal penggunaan media sosial sehingga mereka terhindar dari hal-hal yang tidak membangun dari dampak media sosial yang ada.