Mohon tunggu...
Peggy Lutfiana
Peggy Lutfiana Mohon Tunggu... Wanita

Memberikan informasi yang berguna dan inspiratif

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Strategi Pengembangan Pemasaran Digital, Tim KKN Universitas Bhayangkara

20 Desember 2020   22:50 Diperbarui: 20 Desember 2020   22:49 120 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Strategi Pengembangan Pemasaran Digital, Tim KKN Universitas Bhayangkara
Pembukaan Tim KKN Tematik

Surabaya- Pemasaran Digital jadi salah satu strategi pengusaha atau pedagang dalam memikat pembeli, memiliki keuntungan bagi kedua belah pihak antara penjual dan pembeli seperti menghemat waktu, menghemat tenaga dan lebih praktik mengingat saat ini adanya pandemi Virus Corona yang terus saja meningkat itu membuat pembeli kesulitan dalam berbelanja kebutuhan.

Maka dari ini mahasiswa dan mahasiswi Universitas Bhayangkara Surabaya yaitu kelompok 03 yang sedang menjalankan kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa disingkat KKN Tematik membentuk sebuah program kerja berjudul “Mengembangkan Pemasaran Secara Online Kerajinan Berbahan Sintetis dan Kulit” . Tim KKN Kelompok 03 melakukan program tersebut pada produsen Clebags dan toko Arief Jaya Collection bertujuan membantu mengembangkan pemasaran melalui Digital Marketing atau bisa disebut Marketplace seperti shopee, lazada, dan tokopedia. Kegiatan KKN ini dilaksanakan di Desa Kludan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo.

Menurut penuturan Ketua Tim KKN, Fiana (21),  “produsen Clebags ini sudah memiliki Marketplace tapi masih sedikit yang diposting sedangkan toko Arief Jaya Collection ini sudah membuat beberapa akun di shopee namun tidak berjalan jadi belum ada postingan, jadi kami disini ingin membantu pengembangannya dan dari segi ekonomi juga, yak karena ini juga musim pandemi pasti pemasaran menurun”, jabarnya mahasiswa ilmu komunikasi semester 5 tersebut. Penuturan itu diungkap setelah melakukan beberapa survey bersama Tim.  

Sosialiasi Marketplace Dalam Pengembangan Pemasaran Digital
Sosialiasi Marketplace Dalam Pengembangan Pemasaran Digital
Toko Arief Jaya Collection tidak hanya toko saja tetapi memiliki tempat produksi, namun usaha ini belum merambah pada pemasaran digital, “Saya ini sudah buat akun di shopee tapi belum update produk” ucap Bu Rofiq (42), pemilik toko Arief Jaya. Berbeda dengan produsen Clebags yang sudah mempunyai akun shopee, Namun produk yang di unggah masih minim sekali.

Proses Penataan Foto Produk
Proses Penataan Foto Produk

Program yang dikemas Tim KKN Kelompok 03 berupa sosialisasi tentang Marketplace, pengemasan dan penyegaran produk, foto produk. Program tersebut akan dilakukan pada kedua belah pengusaha tersebut. 

Disisi lain kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk membantu perekonomian yang menurun drastis,”Kegiatan ini dapat meningkatkan penjualan dan kuliatas produk yang di perjualkan dan lebih efisien juga sih, paling utama meningkat ekonomi juga”tutur Vita (22), Sie Pudekdok Tim KKN. Kedatangan kelompok KKN sangatlah disambut dengan ramah baik pemilik usaha dan warga sekitar khususnya lurah setempat. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x