Mohon tunggu...
Pedulisehat.id
Pedulisehat.id Mohon Tunggu... Platform Donasi Online Kesehatan No. 1 di Indonesia

Website & aplikasi penggalangan dana kesehatan melalui media sosial di Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Apa Saja Makanan yang Harus Kamu Hindari Saat Berbuka Puasa?

24 Mei 2019   15:20 Diperbarui: 24 Mei 2019   15:32 0 0 0 Mohon Tunggu...
Apa Saja Makanan yang Harus Kamu Hindari Saat Berbuka Puasa?
Sumber: https://pixabay.com 

Saat berbuka puasa, tidak jarang kamu ingin mengonsumsi makanan yang menjadi favoritmu. Namun, tidak jarang yang menjadi makanan dan minuman favorit tersebut justru akan memengaruhi kesehatan kamu selama sedang menjalankan ibadah puasa. Jadi, penting selama bulan puasa memerhatikan asupan yang dimasukkan ke dalam tubuh kita. Berikut ini adalah makanan yang harus kamu hindari saat berbuka puasa, antara lain:

1. Minuman Bersoda
Usahakan selama menjalankan ibadah puasa untuk menghindari minuman olahan ataupun minuman yang mengandung soda. Karena, minuman mengandung soda dan berkarbonasi ini terkadang mengandung pemanis yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan risiko terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan. Selain itu, di dalam pencernaan akan menyebabkan perut kembung karena kelebihan gas di dalamnya. Semua hal tersebut bisa memengaruhi kinerja dan juga kesehatan dari organ pencernaan tubuh manusia.

Faktanya, minuman bersoda ini ketika diminum akan membawa gas karbonasi ke dalam pencernaan, sehingga mudah sekali membuat perut kembung. Sebaiknya kamu mengonsumsi air putih dan air kelapa terlebih dulu untuk menghilangkan dahaga selama berpuasa, kedua minuman ini akan memberikan dampak yang baik juga bagi kesehatanmu.

2. Makanan dengan Kandungan Gula Tinggi
Makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa ialah makanan dengan kandungan gula yang tinggi, seperti permen dan cokelat, sebisa mungkin selama menjalankan ibadah puasa ini dihindari karena mempunyai nilai gizi yang rendah, ditambah kalorinya juga tinggi. Umumnya orang-orang menyukai yang manis untuk berbuka puasa, seperti donat dan juga cokelat. Sedangkan cokelat mampu menyebabkan naiknya asam lambung dalam jumlah yang lebih banyak dibanding dengan makanan lainnya. Di dalam cokelat pun mengandung kafein, kokoa, dan juga lemak yang bisa memicu pembuatan asam lambung lebih banyak.

Jika kamu konsumsi saat berbuka puasa, bisa membuat perut menjadi lebih perih dan tidak nyaman kemudian. Meskipun bukan termasuk makanan yang berbahaya, alangkah baiknya kamu mampu mengontrol setiap asupan yang akan dimasukkan ke tubuh. Namun, perlu dipahami kalau makanan yang bercita rasa manis atau mempunyai kandungan gula yang tinggi bisa menyebabkan berat badan naik dan juga berdampak pada kesehatan lainnya.

3. Gorengan
Gorengan atau makanan yang digoreng dan mengandung minyak ini, seperti bala-bala, samosa, pangsit, kari-karian, dan gorengan lainnya menjadi makanan favorit banyak orang. Makanan semacam ini harus dihindari karena mempunyai banyak kandungan lemak yang disimpan oleh tubuh, yang digunakan sebagai jaringan lemak. Namun ironinya, jenis makanan yang satu ini menjadi santapan wajib selama bulan puasa oleh kebanyakan orang. Sedangkan dengan kandungan lemak yang dimilikinya akan membuat tubuhmu secara tidak langsung akan mengalami masalah kesehatan. Makanan dengan kandungan lemak tinggi mampu membuat asam lambung diproduksi lebih banyak sehingga mengonsumsinya pada saat berbuka puasa dapat membuat perut menjadi perih dan tidak nyaman.

4. Kopi
Selain gorengan, kopi juga menjadi salah satu minuman yang banyak disenangi oleh masyarakat. Sedangkan kopi ini termasuk dalam jenis makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa karena mengandung kafein. Orang yang berbuka puasa, kondisi lambungnya masih dalam keadaan kosong, sehingga jika diisi langsung dengan kafein akan membuatnya memproduksi asam lambung lebih banyak dan membuat perut menjadi tidak nyaman dan perih.

Nah, meskipun merasa haus dan lapar saat sedang menjalankan ibadah puasa sebaiknya tetap memilih mana makanan yang baik untuk dikonsumsi dan makanan yang harusnya dihindari untuk berbuka puasa agar kesehatanmu tetap terjaga.