Mohon tunggu...
Pedulisehat.id
Pedulisehat.id Mohon Tunggu... Platform Donasi Online Kesehatan No. 1 di Indonesia

Website & aplikasi penggalangan dana kesehatan melalui media sosial di Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jangan Sampai Penyakit Kronis Ini Menyerang Anak Anda

19 Februari 2019   16:00 Diperbarui: 19 Februari 2019   17:47 90 1 1 Mohon Tunggu...
Jangan Sampai Penyakit Kronis Ini Menyerang Anak Anda
jangan-sampai-penyakit-kronis-ini-menyerang-anak-anda-5c6bdec0bde5756e2577e325.jpg

Anak kecil mempunyai tingkat daya tahan tubuh yang lebih rendah dari pada orang dewasa, tidak heran jika mereka rentan sekali terkena penyakit. Meskipun dalam perkembangan teknologi modern seperti sekarang ini, dunia kedokteran telah berhasil menemukan berbagai cara mencegah timbulnya penyakit pada anak, salah satunya dengan vaksinasi. 

Meskipun demikian, banyak anak yang sudah melakukan imunisasi, tetapi tetap saja bisa terserang penyakit yang ingin dihindari sejak awal. Nah, pada artikel kali ini akan membahas mengenai persoalan tersebut dan penyakit apa saja yang perlu diwaspadai pada anak.

Di Indonesia program imunisasi memang sudah berjalan, tetapi baik buruknya prosedur tidak diketahui dengan jelas. Mungkin itu yang menjadi salah satu penyebab masalah timbulnya penyakit pada anak meskipun sudah imunisasi. Yang lebih dominan adalah kurangnya kesadaran dari masyarakat akan pentingnya imunisasi. 

Hal itu terjadi bukan hanya pada negara Indonesia saja, tetapi juga beberapa negara berkembang lainnya. Apalagi saat ini ada sebagian kelompok yang sangat gencar sekali melakukan berbagai black campaign mengenai imunisasi pada anak.

Sebagai orang tua, tentu saja selalu menginginkan anaknya tumbuh lebih baik. Bahkan, sehat selalu hingga dewasa. Namun, ternyata dalam kenyataannya hal itu tidak mudah, ada deretan penyakit berbahaya atau kronis yang dapat menyerang anak seperti:

1. Infeksi Saluran Napas Bawah
Jenis penyakit yang sangat mematikan yang pertama dalam dunia modern ini adalah sejumlah infeksi pernapasan yang terjadi pada bagian bawah. Ini termasuk dalam jenis pneumonia ataupun bronkitis. 

Memang sampai dengan sekarang masih sangat sulit sekali dipercaya, tetapi itu memang terjadi dalam kenyataannya. Bahkan korban yang sudah tewas dari dua jenis penyakit tersebut sudah lebih dari 4 juta jiwa setiap tahunnya.

2. HIV
Lalu jenis yang kedua mengenai penyakit keturunan dari para orang tua HIV AIDS, ini sangat mematikan sekali. Pengikisan yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh seseorang membuat tubuh akan semakin ringkih. 

Sekalipun orang tersebut sudah mengonsumsi berbagai jenis obat dalam jangka waktu panjang, tidak menutup kemungkinan nyawa bisa menjadi korban. Untuk angka kematiannya sendiri sampai dengan saat ini masih berada pada 3 juta jiwa setiap tahun.

3. Malaria
Jangan pernah sepelekan mengenai gigitan nyamuk yang dapat menyerang anak Anda, bisa jadi itu merupakan jenis nyamuk yang mematikan, seperti Malaria. Ya, sudah lebih dari 1 sampai dengan 5 juta jiwa setiap tahunnya melayang akibat penyakit ini. Terlepas dari adanya takdir sang kuasa, tetapi penyakit tersebut juga sangat wajib sekali untuk diperhatikan dan diwaspadai bukan hanya kepada anak.

4. Diare
Jenis penyakit diare pada anak itu bisa disebabkan oleh rotavirus ataupun yang lain, seperti kolera, disentri, dan infeksi bakteri lainnya. Tanpa pengobatan yang tepat secara dini, tidak menutup kemungkinan nyawa bisa menjadi korban. Terbukti sudah lebih dari 2,2 juta jiwa meninggal dunia akibat penyakit ini pada setiap tahunnya. Mengerikan!

Sebenarnya masih ada banyak sekali jenis penyakit yang sangat wajib diwaspadai oleh para orang tua yang masih mempunyai anak dalam usia pertumbuhan. 

Oleh karena daya tahan tubuh si anak yang masih rendah inilah membuatnya rentan sekali mengalami beberapa masalah pada tubuh. Nah, untuk menghindari hal itu, harus memenuhi beberapa standar atau prosedur kesehatan dengan baik. Bukan hanya imunisasi secara rutin, tetapi juga selalu mengonsumsi makanan ataupun minuman yang baik dan diperlukan oleh tubuh.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x