Mohon tunggu...
Pedulisehat.id
Pedulisehat.id Mohon Tunggu... Platform Donasi Online Kesehatan No. 1 di Indonesia

Website & aplikasi penggalangan dana kesehatan melalui media sosial di Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Berdietlah Agar Terhindar dari Penyakit Kronis

6 Februari 2019   16:36 Diperbarui: 8 Februari 2019   11:26 0 0 0 Mohon Tunggu...
Berdietlah Agar Terhindar dari Penyakit Kronis
berdietlah-agar-terhindar-dari-penyakit-kronis-5c5d04ceab12ae18f755e025.jpg

Banyak masyarakat yang bertanya-tanya perihal diet. Anda yang percaya bahwa diet dilakukan untuk menghilangkan lemak dan kolesterol berlebih yang menyebabkan tubuh gemuk dan tidak baik untuk kesehatan. Namun, beberapa orang juga menganggap bahwa melakukan diet bisa menghindarkan dari penyakit kronis yang membahayakan.


Mengenal Diet
Pada dasarnya, diet akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, jika dilakukan dengan cara yang tepat. Sebaliknya, jika diet yang Anda lakukan tidak benar, justru akan berdampak pada kesehatan Anda sendiri. Malah bisa saja membuat penyakit lain berdatangan menghampiri tubuh Anda. Lalu, diet seperti apa yang bisa menghindarkan diri dari penyakit kronis? Simak ulasannya.

Sebagian masyarakat masih menganggap bahwa melakukan diet adalah dengan mengurangi makanan yang Anda konsumsi di setiap harinya. Ada pula yang sama sekali tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan dalam melakukan dietnya. 

Memang, diet ini pun banyak sekali jenisnya. Penentuan jenis diet ini biasanya ditentukan dari jenis makanan yang dikonsumsi atau berdasar kegunaan yang akan ditimbulkan nantinya. Dan tidak bisa dipungkiri juga, bahwa ada beberapa diet yang bisa meminimalisasi risiko penyakit kronis.


Diet Mediterania
Salah satu diet yang bisa Anda pilih adalah diet Mediterania. Diet ini merupakan program diet yang dilakukan dengan memperbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, kacang, sereal, hingga minyak zaitun. 

Namun, orang yang melakukan diet ini pun tetap mengonsumsi makanan dari unggas, seperti daging ayam secukupnya untuk tambahan nutrisi, begitu juga dengan daging merah meskipun takarannya hanya sedikit.

Diet Nordic
Selain diet Mediterania, ada juga yang disebut dengan diet  Nordic. Di mana diet ini lebih memfokuskan untuk mengonsumsi sayuran, buah beri, gandum, dan juga ikan berlemak seperti salmon atau makarel. Jika pada diet Mediterania menambahkan paduan minyak zaitun, namun pada diet ini Anda bisa menambahkannya dengan konsumsi minyak rapeseed yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Diet Sayuran
Jika di Indonesia sendiri, diet yang seringkali diterapkan adalah dengan diet sayuran, sistemnya pun tidak jauh berbeda dengan diet mediterania, maupun nordic yang lebih mengutamakan konsumsi sayuran dan buah lebih banyak dibanding daging-dagingan. Diet ini dianggap bisa menyelesaikan masalah kelebihan berat badan, terkadang bagi sebagian orang dilakukan untuk mempercantik diri agar mendapatkan postur tubuh yang ideal.

Diet Raw Food
Selain beberapa diet yang sudah disebutkan sebelumnya, ada juga diet yang memang dilakukan oleh orang-orang tertentu yang mau melakukannya. Namun, diet yang satu ini diklaim menyehatkan tubuh, diet ini disebut diet raw food. Dalam pelaksanaannya, Anda harus mengonsumsi makanan yang bisa dibilang masih mentah atau setengah matang. 

Jika Anda ingin memasaknya, maka suhu yang digunakan tidak boleh lebih dari 40 derajat Celsius.
Jenis makanan yang digunakannya pun tidak sembarangan, Anda harus benar-benar tidak mengonsumi daging. Sebagai gantinya, Anda bisa konsumsi telur atau susu. Makanan lain yang dikonsumsi adalah berupa buah-buahan kering, jus segar tanpa tambahan gula, hingga air minum yang harus melewati proses filtering.

Dari semua jenis diet, pada dasarnya memang sangat bermanfaat bagi tubuh Anda apalagi jika dilakukan dengan tepat dan sesuai aturan. Bahkan beberapa penelitian pun sudah menunjukkan, seperti menurut WHO dan lembaga riset kesehatan lain, bahwa diet bisa mencegah dan menghindarkan Anda dari beberapa penyakit kronis, seperti jantung, stroke, hati, hingga kanker. Meskipun demikian,  Anda juga perlu mengomunikasikan jenis diet yang Anda jalani dengan ahlinya, agar sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuh Anda.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x