Mohon tunggu...
Pebrianti Priha
Pebrianti Priha Mohon Tunggu... Mahasiswa, Majalengka, Jawa Barat

Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Mahasiswa KKN Undip Berbagi Tips Mengolah Ikan dan Gencarkan Gemar Makan Ikan kepada Warga Maja Utara

12 Agustus 2020   02:57 Diperbarui: 12 Agustus 2020   03:01 8 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Berbagi Tips Mengolah Ikan dan Gencarkan Gemar Makan Ikan kepada Warga Maja Utara
Foto: Contoh cara pengolahan produk olahan ikan yang disosialisasikan kepada masyarakat. | dokpri

Majalengka -- Pandemi Covid-19 Menyebabkan Mahasiwa Universitas Diponegoro melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di masing-masing domisili mahasiswa. Salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip melaksanakan Program KKN di RT 001 / RW 003 Desa Maja Utara, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka. 

Program KKN yang dilakukan berupa sosialisasi terkait upaya pemanfaatan hasil perikanan untuk menjadi salahsatu solusi untuk meningkatkan stabilitas ekonomi masyarakat serta mengedukasi masyarakat untuk menjadi masyarakat yang kreatif serta produktif. Program ini juga menjadi peluang berwirausaha serta menambah penghasilan bagi masyarakat. Hal ini juga didukung oleh kelompok pembudidaya ikan air tawar yang ada di Maja Utara.

Ikan merupakan jenis makanan sehat yang tinggi protein, rendah lemak jenuh, kaya nutrisi mineral, dan vitamin,yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat, serta merupakan salahsatu sumber asam lemak omega tiga. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan tersebut dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk pertumbuhan dan perkembangan anak dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

"Desa Maja Utara memiliki dua kelompok budidaya ikan air tawar yang lumayan berkembang yaitu berada di Blok Jum'at Desa Maja Utara dan di Blok Cikedung Desa Maja Utara. Kelompok pembudidaya tersebut sering mendapat bantuan untuk pengembangannya. Saat ini ada beberapa kelompok yang kepengurusannya kurang berjalan, akantetapi rencananya akan dijalankan kembali " Ujar Amud Mulyana yang merupakan salahsatu Pegawai Desa Maja Utara

Foto: Mahasiswa memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat cara mengolah ikan air tawar menjadi produk yang menarik dan gemar makan ikan. | dokpri
Foto: Mahasiswa memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat cara mengolah ikan air tawar menjadi produk yang menarik dan gemar makan ikan. | dokpri
Sosialisasi dilakukan oleh Mahasiswi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 2017 yaitu Pebrianti. Menurut Pebrianti menuturkan bahwa sosialisasi dilakukan secara online atau melalui grup warga di salahsatu aplikasi social media karena adanya batasan-batasan dalam kegiatan tatap muka. 

Sosialisasi juga ada yang dilakukan secara langsung kepada masyarakat dengan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19 dan membatasi jumlah pesertanya. Program KKN yang dijalankan tersebut disambut dengan antusias oleh masyarakat. Mahasiswa mengajarkan kepada masyarakat cara membuat produk olahan yang terbuat dari ikan.

Program KKN juga berupa gemar makan ikan yang berupa sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan untuk memenuhi kebutuhan gizi di masa pandemi Covid-19 serta tetap menjaga kebersihan. Makan-makanan bergizi merupakan salahsatu upaya dalam menjaga imun tuuh. Imun tubuh yang kuat bisa mencegah terpapar dari virus Corona. Makan ikan bisa berupa ikan yang langsung di masak maupun berupa olahan ikan seprti nugget ikan atau bakso ikan.

"Program pengolahan hasil perikanan ikan air tawar ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomis dari ikan air tawar yang berpotensi di Desa Maja Utara. Program ini juga bertujuan agar terjadinya simbiosis mutualisme antara pembudidaya ikan air tawar dan masyarakat yang mengolah hasil perikanan," ungkap Pebrianti selaku pelaksana program KKN tersebut.

Pelaksana juga berharap masyarakat dapat mengetahui serta lebih banyak mengkonsumsi ikan atau olahan ikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus dan penyakit terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Selain itu harapan dari pelaksanaan program KKN tersebut adalah agar masyarakat dapat memanfaatkan hasil perikanan dan menjadi solusi untuk mengurangi tingkat pengangguran serta menambah penghasilan di masa pandemi Covid-19.

 

Disusun oleh: Pebrianti

Dosen pembimbing: Solikhin S.Si., M.Sc.

VIDEO PILIHAN