Mohon tunggu...
Peb
Peb Mohon Tunggu... Arsitek - Pembaca yang khusyuk dan penulis picisan. Dulu bercita-cita jadi Spiderman, tapi tak dibolehkan emak

Bersukarialah dengan huruf, kata dan kalimat. Namun jangan ambil yang jadi milik Tuhan, dan berikanlah yang jadi hak kaisar.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Sejak Era Shin Tae-yong Timnas Indonesia Bisa Masuk Elit Asia

23 Januari 2022   14:58 Diperbarui: 23 Januari 2022   15:03 542 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar CNN indonesia

Shint Tae-yong telah membangun euforia kecintaan pada Timnas Indonesia. Apalagi pasca Timnas Indonesia meraih posisi Runner-up Piala AFF 2020 di Singapura. 

Para pecinta Timnas Indonesia terpukau pada prestasi coach Shin Tae-yong dalam membawa Timnas Indonesia ke level internasional. 

Tidak main-main, mereka berada dibarisan terdepan sebagai pembela  coach  Shin Tae-yong saat PSSI berlaku tidak adil pada Shin Tae-yong menurut ukuran pecinta Timnas Indonesia.

Disisi lain PSSI bisa sumringah karena telah memenuhi harapan publik. Suasana ini lebih nyaman bagi PSSI dibanding masa sebelumnya saat terus menerus dihujat pecinta sepak bola nasional.

sumber gambar detiknews.com
sumber gambar detiknews.com

Salah satu program hebat coach  Shin Tae-yong adalah Naturalisasi di PSSI. Pemain-pemain luar negeri yang punya skill mumpuni berdarah Indonesia dipanggil untuk menjadi punggawa Timnas Indonesia.

Program hebat itu bersifat spesial hanya untuk Timnas Indonesia, karena tidak pernah dilakukan coach Shin Tae-yong saat jadi pelatih tim yunior Korea Selatan.

Ini bagian proses. Dan proses tidak bisa berbohong pada hasil. Terbukti sekarang Timnas Indonesia bisa dimasukkan di dalam daftar 10 tim elit Asia, bahkan bisa dimasukan di dalam daftar dunia.

sumber gambar kompas.com
sumber gambar kompas.com

Berbagai tim besar Asia dan Dunia boleh saja silih berganti pelatihnya dan berada dalam daftar 10 tim seturut ranking. Namun sejak era Shin Tae-yong Timnas Indonesia pun akhirnya bisa dimasukkan dalam urutan 11.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan