Mohon tunggu...
Pebrianov
Pebrianov Mohon Tunggu... Pembaca yang khusyuk dan penulis picisan. Dulu bercita-cita jadi Spiderman, tapi tak dibolehkan emak

Bersukarialah dengan huruf, kata dan kalimat. Namun jangan ambil yang jadi milik Tuhan, dan berikanlah yang jadi hak kaisar.

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Viral Lelaki Tua Nikahi Perempuan Muda, Haruskah Dicurigai?

9 April 2021   11:16 Diperbarui: 9 April 2021   11:43 123 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Viral Lelaki Tua Nikahi Perempuan Muda, Haruskah Dicurigai?
sumber gambar: kompas.com

Baru saja viral pernikahan Atta-Aurel dengan segala polemik yang muncul di ruang publik. Kini muncul berita viral baru--juga soal pernikahan. Bedanya, Atta-Aurel dianggap pantas dari segi usia, dan level materi yang relatif seimbang. Jadi yang dipolemikkan bukan hal itu. 

Sementara berita pernikahan yang jadi viral baru itu antara seorang lelaki tua berusia 58 tahun bernama Bora dengan gadis usia 19 tahun bernama Ira Fazillah. Beda usia keduanya sangat jauh.  

Pernikahan itu dilakukan di Dusun Cippaga, Desa Bana, kecamatan Bontocani, di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, (kompas ,8/4/2021). 

Uniknya, si Lelaki awalnya melamar ibu si Gadis, tapi sang ibu menolaknya. 

Kemudian si Ibu menawarkan pada anak gadisnya, dan si Anak menerimanya. Dasar cintanya "kasihan" pada lelaki itu yang hidup sendirian pada usia senjanya. Status lelaki itu belum pernah menikah, atau masih perjaka ting-tong. 

Pada umumnya, bila sebuah pernikahan dilihat dari latar belakang usia pasangan yang berbeda jauh akan memunculkan pertanyaan (cenderung curiga) jangan-jangan karena si Perempuan "menginginkan" harta si Lelaki Tua yang dinikahinya. Tapi bila si Lelaki bukan orang kaya, apakah akan muncul pertanyaan (curiga) dan jadi perbincangan banyak orang?

Menikah beda usia yang jauh bukan hal aneh. Hal itu sudah sering terjadi, walau tidak terekspos media. Jodoh bukan ditentukan usia, tapi dinamika antara kedua orang dalam satu ikatan pernikahan.

Aspek harta atau materi sering jadi "titik tembak" publik saat melihat sebuah pernikahan yang "tidak imbang" dari segi usia. Bisa saja si Lelaki yang kaya raya, atau si Perempuan yang kaya raya.

Pernikahan pasangan tua-muda (old-young) di Bone Sulawesi Selatan itu tidak menunjukkan adanya "persoalan materi". Si Lelaki seorang petani biasa, sedang si Perempuan orang biasa (tidak bekerja). 

Lalu kenapa viral? Banyak perspektif bisa dimunculkan atau bisa diciptakan media dan dari buah bibir banyak orang di ruang publik layaknya pernikahan selebritis

Pernikahan "old-young" di Bone viral misalnya karena cinta dibangun dari "rasa" kasihan si Perempuan pada si Lelaki tua itu. Padahal si lelaki bukanlah jutawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN