Mohon tunggu...
Pebrianov
Pebrianov Mohon Tunggu... Pembaca yang khusyuk dan penulis picisan. Dulu bercita-cita jadi Spiderman, tapi tak dibolehkan emak

Bersukarialah dengan huruf, kata dan kalimat. Namun jangan ambil yang jadi milik Tuhan, dan berikanlah yang jadi hak kaisar.

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Kepada Golputers, Gunakan Hak Suara Anda untuk Saudara Kita di Pelosok Negeri

1 April 2019   12:58 Diperbarui: 2 April 2019   08:11 0 26 21 Mohon Tunggu...
Kepada Golputers, Gunakan Hak Suara Anda untuk Saudara Kita di Pelosok Negeri
gambar masyarakat pedalaman Kalbar baru menikmati listrik. Sumber: suarapemredkalbar.com

"Undecided Voters" saat ini seperti kumpulan gadis cantik yang diperebutkan banyak pemuda di kampung.

---

Beberapa hasil survei elektabilitas Pilpres menunjukkan pasangan Jokowi-Amin unggul atas Prabowo-Sandi. Pada hasil survei ada kelompok Undecided Voters atau orang-orang yang belum memutuskan pilihan. Jumlahnya antara 10 sampai 20 persen sehingga jadi kunci menang atau kalahnya dalam kontestasi.

Ada dua kelompok besar pada Undecided Voters saat survei, yakni kelompok "Swing Voters" dan Golput.

Swing Voters merupakan kelompok yang masih menimbang-nimbang pilihannya sampai hari H pencoblosan. Mereka terus memantau para capres/cawapres selama kampanye. Kelak mereka akan mencoblos salah satu dari dua pasangan capres/cawapres.

Kedua, kelompok "Golputer". Mereka sejak awal sudah memutuskan "tidak akan memilih" karena berbagai alasan, seperti; tak tertarik politik, menganggap tak satu pun kandidat memenuhi idealismenya. Bisa juga menganggap pemilu tidak penting, pemilu tidak berpengaruh pada kehidupannya, dan lain sebagainya. Bagi kelompok ini, tidak memilih merupakan pilihan itu sendiri.

Pemilu sebagai Kesepakatan dan Tanggung Jawab Bersama
Pemilu merupakan sebuah bentuk kesepakatan rakyat setiap lima tahun dalam menentukan langkah pembangunan, pemerintahan, dan bernegara. Kesepakatan itu membutuhkan orang-orang yang menjalankannya.

Peran rakyat pemilih dalam memilih orang-orang di legislatif dan eksekutif sangat penting bagi terselenggaranya ketiga hal tersebut. Walaupun ada sebagian rakyat kemudian tidak menggunakan hak pilihnya (golput), maka ketiga hal tersebut tetap terselenggaranya. Inilah yang membuat para golputers merasa bahwa memilih atau tidak memilih sama saja.

Beda dengan pemilihan legislatif yang memuat banyak calon yang mungkin tidak dikenal oleh calon pemilih, khusus untuk Pilpres calonnya hanya ada dua yang sudah dikenal secara luas. Presiden terpilih sangat menentukan kebijakan pembangunan negara.

Jokowi selaku petahana telah bekerja selama 4,5 tahun pemerintahannya. Banyak perubahan bangsa dan negara ini menjadi lebih baik dibandingkan masa sebelumnya. Pembangunan segala bidang dilakukan di seluruh Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3