Mohon tunggu...
Pebrianov
Pebrianov Mohon Tunggu... Pembaca yang khusyuk dan penulis picisan. Dulu bercita-cita jadi Spiderman, tapi tak dibolehkan emak

Bersukarialah dengan huruf, kata dan kalimat. Namun jangan ambil yang jadi milik Tuhan, dan berikanlah yang jadi hak kaisar.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Ngeri Lihat Daftar 20 Kejahatan Hukuman Mati di Korut

16 Mei 2015   17:43 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:55 0 0 0 Mohon Tunggu...
Ngeri Lihat Daftar 20 Kejahatan Hukuman Mati di Korut
14317749371309974083

[caption id="attachment_383926" align="aligncenter" width="610" caption="https://sepuluhnews.files.wordpress.com/2014/07/northkoreaexecution.jpg?w=750"][/caption] Usai menghukum mati Menteri Pertahanannya karena tertidur saat upacara, Korea Utara tetap 'adem ayem'. Tak ada berita heboh suheboh di dalam negeri maupun dunia Internasional. Sepertinya dunia memaklumi bahwa #Korea Utara mah memang gitu...

Hukuman mati itu cukup mengejutkan karena masalah 'sepele', yakni tertidur saat mengikuti acara resmi kenegaraan yang diikuti sang Pemimpin Tertinggi, Kim Jong Un. Hal yang sepele bagi negara lain, namun jadi serius bagi Korea Utara.

Berikut daftar kejahatan yang bisa dijatuhi hukuman mati di Korea Utara ;
1. Membahayakan kedaulatan negara
2. Terorisme
3. Pengkhianatan
4. Perusakan atau penghancuran
5. Mengkhianati rakyat
6. Pembunuhan berencana
7. Melakukan perusakan atau penghancuran sumber daya  yang disiapkan untuk perang dan fasilitas militer
8. Menguasai properti milik negara
9. Merusak atau menghancurkan properti negara dengan sengaja
10. Pemalsuan uang
11. Menyelundupkan perhiasan atau metal berwarna ke pasar gelap
12. Menjual sumber daya negara
13. Penyelundupan narkotika
14. Kejahatan yang mengakibatkan kematian
15. Kejahatan yang mengakibatkan cedera tubuh
16. Penculikan
17. Perkosaan
18. Mencuri properti milik negara
19. Kabur dari penjara
20. Menyebarkan mata uang asing

Dilihat dari daftar kejahatan tersebut tersebut bersifat umum, artinya bisa terjadi di negara manapun termasuk Indonesia. Pelakunya bisa dari pejabat tingggi hingga rakyat biasa.

Lalu bagaimana cara Korea Utara melakukan eksekusi hukuman mati? Ada tiga, yakni ;
1. Ditembak pasukan bersenjata mesin
2. Diracun
3. Dibakar Hidup-hidup
4. Ditembak mortir
Dariempat cara itu, tidak ada yang umum dilakukan negara lain yang menganut hukuman mati. Dua cara menggunakan senjata api (perang), namun sangat 'Unik', yakni di tembak pakai senjata mesin dan pakai mortir.

Kalau pakai senjata api biasa saja sudah lumrah, seperti yang dilakukan di negara kita. Namun Bagi Korea itu saja tidak cukup, perlu lebih hebat lagi. Anda bayangkan bila seorang terhukum dihujani tembakan mortir, disaksikan para pejabat lain (kolega) bagai sebuah tontonan, yang mengandung pesan 'Anda jangan pernah macam-macam kalau tidak mau mengalami nasib seperti itu'.

Cara ditembak pakai mortir pernah dilakukan Korea Utara saat mengesekusi wakil menteri pertahanannya Kim Chol yang kedapatan bermabuk-mabukan dan berpesta pora padahal masih masa berkabung nasional kematian Kim Jong Il tahun 2011.

Sang wakil menteri itu ditempatkan di satu titik tembak, kemudian...duaar ! Tubuh terhukum itu lenyap! Kalau pun ada, tercerai-berai dalam potongan kecil dalam kondisi hangus.
Pesan apa yang ingin disampaikan pimpinan tertinggi Korea Utara? Sulit untuk diungkapkan. Interpretasi kita ; Pemimpin meneror rakyatnya sendiri secara kasad mata. Sang pemimpin memelihara dendam kepada anak buahnya di jajaran elit politik dan militer . Dendam itu di tuntaskan tanpa proses hukum yang jelas. Namun cukup efektif mengeliminir kekacauan dalam negeri.

Syukurlah di negara kita tidak seperti itu. Pemimpin tertinggi negeri ini biasa dihujat rakyat, elit politik dan hukum negeri bisa berkelit dari kasus korupsi dan selingkuh, petinggi negeri dan orang parlemen bisa tidur nyenyak di kursi empuk saat acara resmi kenegaraan.

Kalau saja kriteria dan cara hukuman seperti di Korea Utara diterapkan di negara kita tentu akan banyak kaum elit negeri ini yang meregang nyawa dengan cara unik tapi resmi. Bisa jadi, walau penuh kontroversi, negera ini bersih kejahatan negara ditambah bonus ketakutan rakyat sepanjang hidup.

Sumber Bacaan ; Satu, Dua, Tiga.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x