Mohon tunggu...
Peachy Novi
Peachy Novi Mohon Tunggu... Mahasiswa - UNPAR

TI UNPAR '20

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi 6

4 April 2022   19:50 Diperbarui: 4 April 2022   19:55 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tugas Pasca Geladi Hominisasi 6, 3 April 2022

Chandra Novi 6132001118 Teknik Industri

Geladi hominisasi dimulai sejak tugas pra geladi diberikan, yaitu tanggal 24 Maret 2022. Tugas tersebut adalah menyimak lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza. Dengan memilih syair yang menarik beserta alasannya, saya kembali teringat pada lagu yang jarang saya nyanyikan tersebut. Kata-katanya seperti memberi semangat pada negara kita. Walau tidak secara langsung kita mengungkapkan bahwa kita selalu mendukung negara kita, tapi ketika menyanyi lagu ini (khususnya pada bagian ini), membuat saya merasa bangga terhadap Indonesia dan ingin bersama-sama bergerak maju. Kita juga jadi menyadari sebagaimana penting peran kita bagi sebuah negara.

Setelah itu saya melalui acara geladi pada tanggal 3 April.  Banyaka ajaran yang saya dapatkan, misalnya pengetahuan tentang negara kita, bagaimana kita harus mengenal banyak orang dalam waktu yang singkat, bagaiman kita harus menyaipkan materi untuk dipresentasikan dengan cara yang unik dan menyenangkan.

Dari acara tersebut, saya mendapati bahwa negara kita adalah negara yang beragam dengan berbagai tema lainnya yang dipakai pada setiap kelompok. Persoalan di negara cukup banyak, tetapi kita sebagai generasi muda memiliki pandangan dan dorongan sendiri tang dapat membantu negara kita menjadi lebih baju dan lebih baik lagi.

Acara geladi ini mengajarkan saya untuk berinteraksi dengan orang yang belum dikenal sama sekali, misalnya harus bekerja sama dalam waktu yang singkat untuk mempresentasikan sesuatu yang menarik. Selain itu, geladi ini juga mengajarkan berbagai aspek kehidupan yang dibutuhkan dalam masyarakat dan bernegara.,

          Untuk perjalanan kuliah, saya merasa kemampuan yang saya pelajari dalam geladi ini akan sangat berguna. Misalnya saya sendiri belajar bagaimana cara untuk mempresentasikan suatu hal dengan cara yang mengasyikkan, namun memiliki makna dalam yang terkandung.  Karena kita didorong untuk mengumpulkan ide dan menyiapkan presentasi dengan singkat, pola berpikir kami pun jadi lebih terdorong dan kreatifitas dapat muncul dengan baik Ketika fokus. Selain itu materi yang dipaparkan pada setiap kelompok berhubungan dengan Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun