Mohon tunggu...
Fendi Setiawan
Fendi Setiawan Mohon Tunggu... Guru - Guru Muda

Seorang guru yang lahir di bumi Jenderal Besar Soedirman

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Back on Track Pasca Pandemi: Pembekalan Mahasiswa Baru Luring Sambut Semeseter baru

4 Oktober 2022   03:28 Diperbarui: 4 Oktober 2022   03:33 121 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembekalan Mahasiswa Baru (PEMBAHARU) merupakan kegiatan mahasiswa baru dalam melewati masa transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. Selain itu, kegiatan ini membantu mahasiswa baru dalam beradaptasi dengan lingkungan kampus.

PEMBAHARU penting dilaksanakan mengingat sebagai pondasi awal mahasiswa baru dalam menjalani perkuliahan 8 semester ke depan. STKIP Al Hikmah Surabaya (STKIPH) menginisiasi PEMBAHARU yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dari lima prodi.

Para mahasiswa baru di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, dan PGSD tampak energik di hari terakhir Jum'at (30/9/2022). PEMBAHARU dimulai Senin (26/9/2022) dinahkodai Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STKIPH.

Peserta PEMBAHARU dibekali pengetahuan sistem pendidikan nasional, leadership, perpustakaan dan literasi digital, Al-Qur'an, karakter mahasiswa, e-learning STKIPH, ormawa, karier guru, mahasiswa berprestasi, pramuka, budaya malu Al-Hikmah, minat dan bakat mahasiswa, proposal hidup, dan matrikulasi. Yang menarik dalam pengetahuan yang diberikan adalah saat pembekalan matrikulasi. Matrikulasi tidak hanya sebagai kebutuhan personal, tetapi juga kebutuhan bersama.

Mahasiswa dapat memahami pengetahuan dasar pada jurusan yang dipilih. Dalam prakteknya, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia memantik mahasiswa baru dalam kompetensi menulis. Keluaran dari kegiatan ini sebuah buku antologi cerpen sebagai karya pertama mahasiswa baru. Kompetensi menulis merupakan satu dari lima keterampilan berbahasa. Kemampuan ini penting dimiliki mahasiswa, terutama mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia.

Menulis adalah aktivitas mengungkapkan gagasan melalui tulisan yang digunakan sebagai sarana komunikasi antara penulis dan pembaca. Hasil tulisan yang dibuat, bisa menjadi monumen yang tidak hilang dimakan zaman. Selain itu, melalui kegiatan menulis juga bisa menambah penghasilan.

Perlu diketahui banyak ahli bahasa atau sastra yang mendapat penghasilan dari kegiatan menulis. Wido hartanto selaku Dosen Pembimbing Martikulasi mengungkapkan bahwa mahasiswa baru perlu dipantik kemampuan menulis. Selain sebagai sarana mengungkapkan gagasan, tetapi juga mendapatkan penghasilan.

"Kemampuan menulis itu penting. Saya berharap setelah kegiatan matrikulasi para mahasiswa termotivasi untuk menulis. Selain sebagai aktivitas meluapkan pikiran, bisa juga mendatangkan penghasilan" kata Wido.

Merujuk pada UU No. 14 Tahun 2005 pasar 8 tentang Kompetensi Guru. PEMBAHARU menjadi ajang penyegaran bagi mahasiswa baru dalam bidang yang diminati. Awal perkuliahan mahasiswa perlu adaptasi dengan materi perkuliahan. Maka dari itu, dibutuhkan pemantik materi bagi mahasiswa baru.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan