Mohon tunggu...
Akmalul Insan
Akmalul Insan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa yang mencoba belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Yang lagi Stres Kerja, Kenali Faktor-faktornya

4 November 2021   19:40 Diperbarui: 4 November 2021   19:58 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Sering kali kita merasakan kejenuhan dalam melakukan pekerjaan, apalagi pekerjaan itu semakin hari semakin berat, yah namanya manusia punya batas lelah masing, tapi manusia mana yang tidak lelah jika selalu mengerjakan pekerjaan tanpa henti, manusia bukanlah robot yang selalu bekerja sesuai perintah, bahkan robot pun bisa panas jika terus menerus bekerja.

Itulah yang dinamakan stres kerja, dimana kita terus menerus melakukan pekerjaan, dan merasa jenuh, tertekan dan banyak beban, ketika seseorang sudah merasakan stres kerja, maka banyak yang dia butuhkan, istirahat mungkin bisa jadi salah satu solusinya, supaya tidak ada stres yang berkepanjangan yang dirasakan oleh karyawan, atau perusahaan mengadakan cuti bersama untuk tidak terlalu fokus kepada pekerjaan .

Ada beberapa faktor yang membuat stres kerja di antaranya faktor lingkungan, lingkungan yang rusuh tak terkoordinir akan membuat seorang karyawan yang jenuh semakin tertekan dengan keadaan yang rusuh, karena keadaan yang seperti itu maka otak yang panas akan bertambah panas, dengan keributan, panasnya cuaca dan beberapa keributan dari pembicaraan-pembicaraan yang ribut.

Ada juga faktor organisasi yang membuat karyawan semakin tertekan, di mana organisasi tak terpegang dengan baik, tak terkontrol dengan baik, sehingga efek yang dirasakan bisa membuat  karyawan semakin panas, dari manajer yang tak paham akan sebuah organisasi, sampai karyawan yang tak paham jobdesk yang harus dia kerjakan.

Satu lagi faktor individu, di mana seseorang mempunyai masalah pribadi dan terbawa emosi sehingga membaur dengan masalah dalam pekerjaan, itu akan menambah stres kerja yang dapat membuat seorang lebih emosi. jika memang sudah banyak masalah mungkin seorang keryawan harus lebih mengatur emosi agar tidak terjadi stres yang berlebihan baik di dalam kehidupan pribadi  maupun di dalam pekerjaan.

banyak faktor yang menyebabkan stres berlebihan dalam bekerja, seharusnya kita menghindari hal itu terjadi, setiap orang mempunyai kadar emosi tersendiri dan berbeda-beda, ada yang mudah emosi ada yang bersikap tak acuh terhadap masalah yang sedang terjadi, nah kamu tim yang mana?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun