Mohon tunggu...
Paustinus Siburian
Paustinus Siburian Mohon Tunggu...

Pemerhati masalah-masalah hukum

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Penista atau Menistakan Agama?

16 Mei 2017   06:31 Diperbarui: 16 Mei 2017   07:41 3633 0 0 Mohon Tunggu...

Saya bingung belakangan ini, mengapa banyak pengguna akun di media social yang dengan bangga dan heroik menulis Basuki TP atau Ahok itu “Penista Agama”. Istilah “Penista agama tidak ada dalam Pasal 156a KUHP. Coba kita lihat pengertian dari Penista Agama secara umum.

Pertama, kalau dikatakan penista agama berarti Ahok itu adalah penista semua agama. Tidak hanya satu atau dua tetapi semua agama dinistanya. Kalau hanya satu agama yang dinistanya dari sekian banyak agama, maka harus disebut spesifik. Misalnya, Penista agama Kristen. Saya tidak tahu agama mana saja yang pernah dinistanya.

Kedua, mengutip dari KBBI DARING kata penista kata dasarnya adalah nista. Nista berarti  1. hina, rendah 2. Tidak enak didengar 3. Aib, cela, noda. ---yang tidak terhapuskan lagi. Penista adalah orang yang menista(kan). Menista berarti menganggap nista atau mencela. Menistakan berarti menjadikan (menganggap) nista; menghinakan; merendahkan (derajat dan sebagainya):

Sekarang kita melihat pada arti kata “agama” dalam KBBI DARING:

  • najaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta manusia dan lingkungannya:-- Islam; -- Kristen; -- Buddha

Dari arti-arti penista dan agama maka penista agama adalah:

a. Orang yang menista ajaran atau sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta manusia dan lingkungannnya:

1. Apakah Ahok pernah menganggap agama anda hina, rendah?

2. Apakah Ahok pernah menganggap agama anda tidak enak didengar?

3. Apakah Ahok pernah menganggap agama anda aib, cela, atau noda yang tidak terhapuskan lagi?

4. Apakah Ahok pernah mencela agama anda?

  b. orang yang menistakan ajaran atau sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta manusia dan lingkungannnya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN