Mohon tunggu...
Paundri Nizar Ullynuha
Paundri Nizar Ullynuha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi memasak, menari, dan membaca. Terkadang introvert dan terkadang ekstrovert. Travelling.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Hubungan Pendidikan dengan Masyarakat

29 September 2022   15:49 Diperbarui: 29 September 2022   16:07 340 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan dapat diartikan sebagai suatu usaha dalam mewujudkan tingkat kedewasaan seseorang dengan melalui pengajaran dan latihan. Dalam kehidupan terdapat beberapa tahapan yang berlangsung secara lanjut seperti pendidikan yang mana hal itu sangat penting bagi seseorang. Secara tidak langsung, pendidikan harus memiliki kontribusi dengan hal-hal sekitarnya.

Pendidikan dalam arti sempit yaitu kegiatan pembelajaran atau mencari ilmu itu sendiri juga dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun atau sewaktu-waktu, selagi hal itu tetap berada di tempat dan waktu yang layak. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan juga tidak dengan figur pendidik tertentu seperti guru atau dosen. Siapapun dapat menjadi seorang pendidik ketika hal-hal yang diberikan atau yang diucapkan dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi orang lain. Bentuk dari kegiatan belajar mengajar juga tidak hanya kegiatan yang dilakukan di dalam lembaga pendidikan, melainkan dimanapun tempat, kejadian atau peristiwa apapun dapat menjadi suatu pelajaran yang bahkan mungkin sangat berharga daripada pelajaran yang didapat melalui lembaga pendidikan. Terkadang di beberapa hal terdapat suatu kejadian atau peristiwa yang padahal dianggap biasa saja namun sangat memiliki peran atau fungsi yang baik bagi pelajaran hidup.

Sedangkan pendidikan dalam arti sempit yakni, segala bentuk pengajaran atau pemberian ilmu yang dilakukan di lembaga-lembaga tertentu seperti sekolah maupun universitas. Dimana kegiatan pengajaran atau pemberian ilmu yang dilakukan haruslah bersifat resmi dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan dan keadaan-keadaan yang diatur dengan ciri-ciri tertentu. Berarti segala hal yang berkaitan dengan pendidikan dalam arti sempit terbatas pada kegiatan-kegiatan resmi yang ada di lingkungan tertentu saja seperti sekolah dan universitas. Dan orang-orang yang mendapat suatu pendidikan itu sendiri juga hanya tertentu saja seperti siswa atau mahasiswa.

Masyarakat dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan society. Hal itu telah disepakati oleh para ilmuwan karena, tidak ada istilah khusus mengenai arti dari masyarakat. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian masyarakat adalah sekelompok yang memiliki ikatan dan kesamaan dalam berbagai banyak hal. Seperti halnya persamaan dalam hal budaya, adat istiadat, keagamaan dan perilaku. Ketika terdapat sekumpulan orang banyak di suatu tempat tertentu maka itu dinamakan dengan masyarakat.

Pendidikan sangat mendukung adanya tahap untuk menuju demokrasi atau yang disebut juga dengan demokratisasi. Dimana pendidikan menjadikan dirinya sebagai alat pendukung bagi terciptanya suatu demokratisasi. Demokratisasi pendidikan memiliki makna yaitu sebagai tahapan menuju demokrasi dalam bidang pendidikan. Demokratisasi pendidikan itu sendiri dapat diwujudkan dengan dua cara yakni demokrasi pendidikan dan pendidikan demokrasi. Demokrasi pendidikan dapat ditarik kesimpulan sebagai penerapan struktur pendidikan yang mendasar pada masyarakat dalam formal penyelenggaraan pendidikan nasional yang pastinya dibawah naungan pemerintah. Semua hal yang dilakukan dalam demokrasi pendidikan akan menyangkut dengan aturan pemerintah.

Masyarakat diberikan kebebasan mengenai haknya secara penuh untuk menentukan kebijakan pendidikan nasional. Jika masyarakat dapat mengenal pendidikan dengan baik dan utuh, besar kemungkinan masyarakat akan ikut andil dalam menentukan kebijakan pendidikan di negaranya sendiri.

Dalam pendidikan demokrasi, tahapan pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas dapat dianjurkan pada penyempurnaan norma dan bahasa. Melakukan suatu hal yang dapat menjadikan tingkah laku supaya lebih baik lagi. Hal itu tentunya terdapat beberapa figur pendukung seperti guru yang dapat memfasilitasi murid dengan lebih baik. Selain itu guru juga harus menjadikan dirinya sebagai hal yang dapat memberikan fungsi yang nampak terhadap muridnya. Karenanya pendidikan demokrasi mengharuskan supaya dapat terpenuhi adanya pendidikan memiliki sistem pembelajaran berpusat pada murid. Bagaimana cara agar siswa mampu belajar sesuatu tanpa harus menunggu adanya perintah dari guru dan siswa mampu memiliki niat baca yang tinggi.

Pendidikan dan masyarakat saling keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Terwujudnya suatu perkembangan di masyarakat dapat terwujud ketika sumber daya manusia yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan unggul. Salah satu cara yang dapat dilakukan guna menghasilkan sumber daya manusia yang unggul adalah dengan pendidikan. Pendidikan menjadi faktor utama sebagai penentu suatu kesuksesan dari dalam diri manusia.

Lembaga pendidikan berupaya semaksimal mungkin meningkatkan mutu pada masyarakatnya. Sehingga yang terjadi adalah masyarakat tidak akan mengalami masalah-masalah seperti buta huruf dan buta aksara. Karena sesungguhnya segala hal yang berkaitan dengan orang banyak atau antar orang lain akan membutuhkan yang namanya bahasa yang baik.

Suatu pendidikan akan sangat berkualitas ketika masyarakatnya dapat ikut serta berperan aktif di dalam jalannya sistem pendidikan. Sudah jelas ketika suatu masyarakat dapat menjadi suatu kesatuan maka akan terjadi berhasil. Ketika di suatu tempat, anggota masyarakatnya sangat kompak maka suatu kualitas yang baik akan diciptakan. Selain itu juga akan menjalin hubungan yang sangat baik pula.

Pendidikan juga dapat membuat pengaruh terhadap solidaritas antar sesama masyarakat yang secara tidak langsung hal itu dapat menjadi kualitas unggul bagi masyarakat itu sendiri. Jika hal tersebut dapat dilakukan dengan tulus dan sebenar-benarnya maka, kehidupan bermasyarakat yang terjadi akan semakin erat. Antar sesama tetangga akan menjadi seperti keluarga dekat. Bermasyarakat dengan nilai persaudaraan yang tinggi dapat memberikan pengaruh terhadap kehidupan masyarakat yang mengagumkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan