Mohon tunggu...
Susy Haryawan
Susy Haryawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - biasa saja htttps://susyharyawan.com

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Johnny Plate dan Keterlibatan Menanggulangi Gagal Ginjal

29 Oktober 2022   09:44 Diperbarui: 29 Oktober 2022   09:52 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Johnny Plate: detik.com

Johnny Plate dan Keterlibatan Penanggulangan Gagal Ginjal Akut

D tengah pandemi yang trendnya menanjak lagi, di dunia kesehatan juga terkonfirmasi adanya kematian karena gagal ginjal akut. Korban berusia kanak-kanak. Kementerian Kesehatan telah mengadakan penyelidikan dan menemukan beberapa obat sirup ditengarai mengandung bahan yang membahayakan.

Bersama BPOM telah merilis daftar obat yang membahayakan, benar oleh produsen, perusahaan obat yang memproduksi telah menarik itu dari peredaran. Distribusi, apalagi zaman online, jauh lebih pelik dan kompleks.

Dulu, peredaran sangat jelas dan mudah karena jalur distribusi jelas tunggal. Agen yang ditunjuk bisa menarik dengan segera, jumlah yang beredar dan sudah terjual hanya dalam satu pintu. Tentu sekarang berbeda.

Johnny Plate mengambil sikap yang tepat, di mana perdagangan daring, toko online, dan juga peredaran melalui perdagangan online tentu sangat mungkin. Kerjasama Kominfo, BPOM, dan tentu saja kepolisian menjadi penting.

Kominfo memiliki sarana dan prasarana, pegawai, dan kemampuan, namun penindakan ada diBPOM dan polisi jika memang membandel. Keberadaan toko daring atau online bisa jadi bumerang jika keadaan seperti ini. kolaborasi yang apik sangat penting untuk menjaga kesehatan masyarakat.

Keberadaan obat yang mengandung toksin, kata Johnny Plate juga menjadi tanggung jawab Kominfo dan jajaran yang terkait ketika menggunakan layanan internet, digital, atau daring. Penggunaan ecommers, media sosial, atau juga website tentu kewenangan Kominfo.

Kewenangan, kemampuan, dan juga kapasitas, BPOM yang memberikan daftar obat terlarang karena cemaran yang tidak layak bagi tubuh. Apa yang terjadi adalah kolaborasi, tanggung jawab bersama, bukan malah egosektoral.

Johnny Plate berkali ulang menyatakan bentuk kerja sama, gotong royong, dan kolaborasi dalam banyak kesempatan. Hal yang sejatinya adalah hakikat negeri ini. Membangun negeri       dengan kebersamaan, kerjasama, gotong royong.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun