Mohon tunggu...
Susy Haryawan
Susy Haryawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - biasa saja htttps://susyharyawan.com

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Kominfo-Johnny Plate dan Kerja Sama RI-Ukraina Sebuah Momentum

22 Oktober 2022   14:04 Diperbarui: 22 Oktober 2022   22:25 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kerja Sama Indonesia -- Ukraina : Sebuah Momentum: Kominfo.go.id

Kominfo melakukan langkah kerja sama dengan Ukraina. Duta besar Ukraina untuk Indonesia, HE Vasyl Hamianin dan Johnny Plate melakukan diskusi terkait peningkatan kerja sama dalam bidang talent, baik untuk ICT infrastructure downstream maupun syber security.

Kerja sama yang terjadi antara Indonesia dan Ukraina ini merupakan kelanjutan dari kerja sama privat yang telah dilakukan jauh sebelum pandemi terjadi, bahkan hubungan bilateral antara Ukraina -- Indonesia telah terjadi saat Ukraina masih tergabung dalam Uni Soviet.

Kilas balik itu membawa sebuah makna hubungan bilateral kedua negara yang akrab. 2022 merupakan peringatan 30 tahun hubungan keduanya. Momentum baik yang  dilakukan kominfo ini menjadi sebuah penegasan kepedulian Indonesia juga. Ukraina masih dalam kondisi yang tidak baik-baik saja, namun demikian kepedulian Indonesia terhadap Ukraina tetap dikedepankan.

Kerja sama yang dilakukan Indonesia dan Ukraina merujuk pada pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) terkait transformasi digital. H.E Vasyl Hamianin dan Johnny Plate melakukan pertemuan penting yang membahas mengenai kerja sama tersebut pada 18 Oktober 2022 yang bertempat di Kantor Kementrian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa lalu.

Pertukaran pelajar merupakan salah satu bentuk kerja sama yang akan dilakukan. Hal ini ditegaskan Johnny Plate sebagai wujud membangun relasi dan hubungan yang dikembangkan antara masyarakat, lanjut Plate, "people to people." Hal ini akan memberikan manfaat khususnya di sektor digital yang sedang & terus akan dikembangkan di Indonesia.

Situasi geopolitik Ukraina yang masih dinamis hari-hari ini, memang belum memungkinkan pelajar-pelajar dari Indonesia untuk berangkat menuju negara dengan ibukota Kyiv tersebut, tetapi sebaliknya pelajar-pelajar Ukraina bisa datang terlebih dahulu ke Indonesia untuk memenuhi kerja sama tersebut.

Dunia transformasi digital di Indonesia masih terus mengalami perubahan-perubahan, kita pasti mengharapkan terjadinya perubahan positif dan meningkatkan kesejahteraan bangsa tentunya. Membangun SDM yang kuat melalui keterampilan digital menjadi langkah baik yang ditempuh melalui kerja sama- kerja sama yang dilakukan antara Indonesia -- Ukraina.

Membangun SDM terutama area digital tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak upaya, kesadaran, serta tekad kuat untuk terus berkembang. Berharap kerja sama ini akan menjadi buah berkat bagi kedua negara.

Terima kasih

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun