Mohon tunggu...
Susy Haryawan
Susy Haryawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - biasa saja htttps://susyharyawan.com

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Johnny Plate: Radio Komunitas Harus Jadi Ujung Tombak dalam Masa Pandemi

18 September 2021   18:30 Diperbarui: 18 September 2021   18:35 73 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Johnny Plate: Radio Komunitas Harus Jadi Ujung Tombak dalam Masa Pandemi
KPI.go.id

Johnny Plate : Memiliki Peran Penting dalam Masa Pandemi, Radio Komunitas harus Jadi Ujung Tombak

Di masa pandemi ini berbagai platform media bekerja lebih intensif dalam melemparkan peluru pesan ajakan kepada masyarakat seperti menjaga protokol kesehatan (prokes), meningkatkan imun tubuh dan ikut serta dalam program vaksinasi nasional. Hampir di semua tayangan program himbauan jaga prokes terhadap masyarakat disampaikan.

Dalam rangka hari radio nasional sepekan lalu, lewat laman Kemenkominfo, menteri Johnny Plate menyatakan kecintaannya pada radio. Ia mengatakan bahwa radio memiliki peran vital dalam penyebaran informasi. Johnny Plate juga mengapresiasi penyebaran informasi yang dilakukan oleh Lembaga Penyiaran Publik Lokal radio.

Saya terpikir mengenai radio komunitas, platform radio lokal dalam jangkauan radius 2,5 km atau sekitar satu kecamatan yang mengangkat isu-isu warga dan disampaikan oleh warga. Ini bukan media komersil tetapi dalam pembiayaan operasionalnya ada pakem pencarian dana yang direstui sesuai undang-undang penyiaran. 

Radio komunitas kini ada di setiap propinsi di tanah air. Mereka yang menggiat radio komunitas adalah warga yang belajar mendirikan dan mengelola radio-radio ini dengan bantuan institusi nirlaba, dorongan individu warga atau atas kesadaran kebutuhan kolektif warga.

Banyak radio komunitas yang telah lebih dari sepuluh tahun berdiri masih aktif bersiaran bahkan menjadi pusat kegiatan produktif warga. 

Salah satu contoh radio komunitas yang sangat aktif menjadi pusat kegiatan produktif warga yaitu radio Lintas Merapi di desa Deles, lereng gunung Merapi. 

Radio ini bukan cuma menjadi tempat warga bersiaran tetapi menjadi tempat warga berkesenian, menyalurkan bakat, menjadi lumbung usaha desa dan kegiatan sosial rutin. 

Saat ini radio Lintas Merapi bahkan menjadi tempat produksi kopi arabika dari lereng Merapi yang hasilnya untuk kemaslahatan warga desa Deles yang langsung mengelolanya.

Di masa pandemi ini radio komunitas berperan penting juga dalam penyebaran informasi penting perihal Covid-19. Johnny Plate juga memuji Radio Siaga Covid yang diinisiasi oleh Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) yang memiliki peran menangkal penyebaran hoaks dan semua disinformasi perihal Covid-19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan