Mohon tunggu...
Paulina Sihaloho
Paulina Sihaloho Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Aku pelajar SMA Bintang Timur, Pematang Siantar. Aku menulis untuk mengasah dan mempertajam pikiran, serta menjadikan hidupku lebih baik dari hari ke hari.

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Mengurangi dan Menghentikan Pencemaran Lingkungan

12 Januari 2023   16:32 Diperbarui: 12 Januari 2023   16:37 787
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Dokpri: Kurangi pemakaian wadah plastik yang sekali pakai; gunakan wadah botol yang bisa dipakai berulang-ulang).  

Tiga Jenis Pencemaran Lingkungan

Hari ini di sekolah, kami belajar mata pelajaran fisika pada les ke tiga dan ke empat. Ini adalah pertemuan pertama kami belajar fisika pada semester genap. Pada pertemuan pertama ini kami membasas tema mengenai "Pencemaran Lingkungan."

Menurut penjelasan guru fisika kami, Ibu Lorensyah Gultom, S.Pd., pencemaran lingkungan adalah terkontaminasinya komponen fisik dan biologis dari sistem bumi dan atmosfer sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem. Pencemaran lingkungan dapat dibedakan menjadi tiga bagian: pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran udara

1. Pencemaran Air 

Berarti air menjadi keruh, bau dan tidak sehat. Situasi ini bisa kita temukan di sungai, danau dan laut. Saat ini, sudah banyak air yang tercemar. Di beberapa daerah, masyarakat sulit mendapatkan air bersih. Pencemaran air disebabkan oleh limbah domestika  (sampah rumah tangga, perkantoran dan perdagangan), limbah industri (air dari pembuangan limbah industri yang mengandung berbagai zat-zat kimia berbahaya, sisa-sisa bahan bakar, raksa. Air juga dapat terpolusi oleh tumpahan minyak yang sering terjadi di lautan.  

Dampak pencemaran air antara lain: menurunya kualitas kesehatan lingkungan, terganggunya kesehatan manusia, merusak keindahan lingkungan, dan mempercepat kerusakan benda. 

(Hasil bumi dari tanah yang sehat terasa lebih nikmat daripada dari tanah yang sudah tercemar. - Dok.pri)
(Hasil bumi dari tanah yang sehat terasa lebih nikmat daripada dari tanah yang sudah tercemar. - Dok.pri)

2. Pencemaran Tanah 

Berarti tanah menjadi rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini diakibatkan oleh berbagai macam sebab antara lain: penumpukan limbah anorganik yang berasal dari rumah tangga, perkantoran dan perindustrian yang sulit diuraikan oleh tanah berupa plastik, kaca, kaleng dan bahan-bahan tambang. Di samping itu, pencemaran tanah juga diakibatkan oleh kebakaran hutan yang mengubah unsur-unsur mikroorganisme dalam tanah demikian juga di permukaan tanah. Penggunaan obat-obat dan pupuk kimia dalam bidang pertanian juga merusak kesehatan tanah sebab zat-zat ini mengurangi jumlah mikroorganisme.

Dampak pencemaran tanah antara lain: menurunnya kualitas kesehatan tanah, terganggunya kesehatan manusia, berkurangnya kualitas produksi pertanian, dan merusak keindahan alam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun