Mohon tunggu...
Paulina Irena
Paulina Irena Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi UAJY

Forget the Mistake, Remember the Lesson

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Bersama Sahabat Cempluk, Hadapi Si 1000 Wajah

5 Maret 2021   10:32 Diperbarui: 6 Maret 2021   13:04 506 20 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bersama Sahabat Cempluk, Hadapi Si 1000 Wajah
Ilustrasi. (ROBINHIGGINS / PIXABAY.COM)

Mengenal Si "1000 Wajah"

Lho siapa yang 1000 wajah? Kok bisa 1000 wajah?

Manusia umumnya terlahir dengan sistem imun yang canggih. Artinya sistem imun dapat melawan semua virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Jadi ketika seseorang sakit, maka sistem imun yang akan menjadi tameng dan membantu dalam proses kesembuhan. 

Nah, hal ini berbeda dengan Odapus. (Sebelumnya, siapa itu Odapus?)

"Odapus" merupakan singkatan dari Orang dengan Lupus. Sistem imun dari Odapus tidak menjalankan fungsi yang sama dengan manusia pada umumnya. Sistem imun Odapus justru tidak menjaga tubuh manusia bahkan menyerang tubuh manusia. Jadi, singkatnya Lupus kerap disebut penyakit autoimun

Systemic Lupus Erythematosus atau Lupus adalah penyakit autoimun kronis yang menyebabkan peradangan pada beberapa bagian/organ dalam tubuh. Bagian/organ yang dimaksud antara lain: kulit, ginjal, jantung, paru-paru, sel darah, tulang, dan sendi. 

Ada Odapus yang hanya mengalami peradangan pada satu organ, namun ada pula yang mengalami pada beberapa organ sekaligus. 

Lupus biasanya terdiagnosa ketika kondisi sudah parah. Bahkan dikatakan tenaga medis pun sulit mendeteksi penyakit lupus. Hal ini disebabkan Lupus muncul pada setiap orang secara berbeda dan menyerupai jenis penyakit lain. Oleh karena itu, Lupus disebut juga "Penyakit 1000 Wajah". 

www.artpal.com/
www.artpal.com/
Sama halnya dengan Kanker, setiap orang berpotensi terkena penyakit Lupus. Berdasarkan data, 90% Odapus merupakan wanita dengan usia produktif yaitu 15 hingga 45 tahun (Shidqiyyah, 2018).

Hingga saat ini, penyebab dari Penyakit 1000 Wajah ini belum diketahui. Dugaan sementara, hal ini disebabkan faktor gaya hidup dan faktor keturunan. 

Belum ditemukan cara menyembuhkan Lupus. Odapus harus melakukan kontrol dengan konsisten ke dokter serta disiplin dalam mengonsumsi obat. Perlu diketahui bahwa, Lupus bukan penyakit menular sehingga tidak perlu menghindari Odapus! Justru yang bisa dilakukan adalah support.

Lupus tidak boleh dijadikan halangan bagi Odapus terus berjuang dan meraih mimpi. Menyadari hal ini, Sahabat Cempluk hadir di tengah Odapus. Sahabat Cempluk adalah komunitas Odapus asal Yogyakarta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x