Mohon tunggu...
Patrick Prayoga
Patrick Prayoga Mohon Tunggu... Obat fumigasi Fumiphos, info tentang Jepang, impor, penyimpanan palawija

Saya sudah tinggal di Jepang sejak tahun 2006. Co-founder situs informasi wisata ke Jepang : www.infojepang.net. Ada pertanyaan tentang Jepang (yang mau ke Jepang, yang mau impor barang dari Jepang, yang mau sekolah ke Jepang, dll yang berbau jepang). Langsung aja email saya: patrickprayogawbw@gmail.com. Jangan malu2. Siapa pun boleh tanya !

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Mengendalikan Hama Gudang Tembakau dengan cara Fumigasi dan Kelebihan Menggunakan Fumigan Fosfin Cair

1 Desember 2020   05:49 Diperbarui: 1 Desember 2020   06:56 776 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengendalikan Hama Gudang Tembakau dengan cara Fumigasi dan Kelebihan Menggunakan Fumigan Fosfin Cair
Tembakau Kering Indonesia Fumigasi dengan Fosfin Cair

Kelebihan fumigasi memakai Fosfin cair untuk gudang tembakau merupakan hal yang penting untuk diketahui. Pasalnya, tembakau merupakan salah satu komoditas pertanian yang memiliki nilai ekonomi tinggi di Indonesia, sehingga teknik penyimpanan yang aman dan tepat perlu dilakukan agar kualitas tembakau tetap terjaga.

Tembakau merupakan salah satu komoditas pertanian yang dimanfaatkan bagian daunnya untuk diolah menjadi rokok. Daun pada tembakau merupakan salah satu bagian tanaman yang seringkali diserang oleh hama, salah satunya kutu. Kutu menyerang daun tembakau pada fase pertanaman, yakni sejak tanaman tembakau tumbuh hingga siap panen.

Setelah dipanen, tembakau akan diolah dan dikeringkan terlebih dahulu sebelum dijadikan rokok. Tembakau yang sudah diolah biasanya akan disimpan di gudang penyimpanan sebelum diolah kembali. Salah satu hal yang seringkali menjadi kendala pada gudang penyimpanan tembakau adalah adanya serangan hama gudang.

Kelebihan Fumigasi Memakai Fosfin Cair Untuk Gudang Tembakau

Hama gudang merupakan salah satu penyebab kerusakan tertinggi pada gudang penyimpanan tembakau. Serangan akibat hama gudang dapat mengakibatkan kualitas tembakau menurun bahkan hingga tidak layak digunakan. Oleh sebab itu, pengendalian hama pada gudang penyimpanan menjadi aspek yang penting untuk diperhatikan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan hama pada gudang penyimpanan tembakau, salah satunya adalah fumigasi. Fumigasi merupakan teknik pengendalian hama dengan cara menyebarkan bahan kimia khusus ke dalam ruangan dalam bentuk gas. Teknik pengendalian ini sangat efektif untuk mengendalikan hama-hama yang tersembunyi di gudang.

Untuk menerapkan teknik fumigasi, diperlukan bahan kimia khusus atau disebut fumigan. Di Indonesia, terdapat banyak jenis fumigan yang digunakan untuk fumigasi, salah satunya adalah fumigan berbahan aktif Fosfin berbentuk liquid / cair atau disebut Fumilikuid. Jenis fumigan yang satu ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah:

  • Kandungan Fumilikuid yang Ramah dan Aman Untuk Komoditas

Fumilikuid merupakan jenis fumigan berformulasi cair dengan kandungan utamanya berupa Karbondioksida (CO2) dan Fosfin. Kandungan CO2 sebanyak 98% pada Fumilikuid menjadikan jenis fumigan ini aman untuk diaplikasikan pada komoditas pangan. Selain itu, tingginya kandungan CO2 juga bisa memperlambat laju pematangan pada komoditas pertanian, sehingga komoditas tersebut tidak mudah layu dan dapat disimpan lebih lama.

  • Fumilikuid Bertekanan Tinggi Sehingga Mudah Diaplikasikan

Jenis fumigan berbentuk cair yang satu ini memiliki sifat bertekanan tinggi, dimana sifat tersebut dapat memberikan keuntungan bagi penggunanya. Pasalnya, tekanan yang tinggi pada Fumilikuid membuat bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat mudah menyebar dan mengenai target sasaran. Tidak hanya itu, dengan sifat bertekanan tinggi, pengguna tidak perlu menambah perlakuan khusus seperti pemasangan kipas angin saat mengaplikasikannya.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN